Solo (ANTARA) - Tim Persis Solo memenuhi ambisinya meraih poin penuh setelah mengalahkan Madura United (MU) dengan skor 1-0 dalam pertandingan lanjutan kompetisi Liga 1 Musim 2022/2023 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Selasa malam.

Babak pertama Persis bermain penuh semangat karena ingin kemenangan dengan meraih tiga poin pada pertandingan yang keenam dalam kompetisi Liga 1.

Namun, Madura justru mendapat peluang menit 21 melalui tendangan keras kaki Malis Risaldi tetapi saya tendangan ditepis kiper Persis Solo, Muhamad Riyandi, sehingga belum mengubah kedudukan tetap imbang 0-0.

Persis mempunyai dua peluang pada babak pertama menit 29 melalui tendangan Zanadin, tetapi sayang bola melambung tipis di atas mistar gawang Madura. Kedua menit 35 melalui tendangan kaki, Althaf Indie, gawang Madura yang sudah ditinggal kiper Miswar Saputra, bola melambung di atas mistar, sehingga belum mengubah tetap 0-0.

Persis mempunyai peluang ketiga menit 42 melalui tendangan Ryo Matsumura yang berhasil menerobos ke kotak penalti tetapi sayang bola kembali melambung, di atas mistar Madura United, sehingga kedudukan tetap imbang 0-0 hingga babak pertama usai.

Persis menghadapi Madura United memasuki babak kedua meningkatkan tempo permainan dengan menekan pertahanan lawan. 

Namun Persis baru bisa memasukkan gol menit 79 melalui tendangan kaki, Alexis Messidoro yang lolos melewati salah satu pemain belakang Madura dan langsung melepaskan tendangan ke arah gawang dan tidak mampu diantisipasi kiper Miswar Saputra, sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk tuan rumah.

Kedudukan 1-0 untuk Persis Solo bertahan hingga wasit yang memimpin pertandingan Dwi Susilo, meniup peluit panjang bertanda babak kedua usai. Wasit pada pertandingan tersebut mengeluarkan tiga kartu kuning untuk Cleberson (Madura), Taufiq Febriyanto, Andri Ibo (Persis).

Pelatih Madura United Febio Lefundes usai pertandingan menyampaikan selamat untuk tuan rumah. Madura pada babak pertama sempat bermain solid, tetapi babak kedua kecolongan satu gol.

Caretaker Pelatih Persis Solo Rasiman mengatakan semua pemain bekerja keras luar biasa, mereka mengeluarkan semua kemampuannya untuk mengalahkan Madura United.

"Persis dari menit awal hingga akhir pertandingan bisa mengontrol pertandingan. Persis berhasil melakukan pressing ketat sehingga lawan tidak bisa berkembang, tetapi banyak peluang timnya hanya satu gol yang tercipta," kata Rasiman.

Rasiman mengakui mengubah sedikit posisi pemain terutama di depan untuk bekerja sama dan semua berjalan baik dan mereka cukup solid melakukan tekanan ke gawang Madura. ***3***

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024