Semarang (ANTARA) - Hari Ketiga Pendaftaran e-Katalog Sektoral Kemenkumham kembali dipadati masyarakat pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Tengah yang ingin mendaftarkan produk usahanya, Jumat (5/8/2022).

Jika dua hari sebelumnya pendaftaran di buka di ruang layanan Kanwil Kemenkumham Jateng, selama tiga hari ke depan dari tanggal 5 sd 7 Agustus 2022 pendaftaran e-katalog sektoral Kemenkumham dilayani di Stan Pendaftaran e-Katalog pada Public Expo HDKD Ke 77 di Weeskamer Kota Lama Semarang.

Antusiasme masyarakat di hari ketiga pendaftaran masih cukup tinggi. Meski pembukaan public expo secara resmi baru dibuka pada siang hari, namun pelaku usaha yang ingin mendaftarkan produknya sudah datang sejak pagi hari.

Pembukaan secara resmi Public Expo di Weeskamer sendiri dilakukan oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM, Prof. Dr. Edward Omar Sharif Hiariej atau yang akrab disapa Prof. Eddy.

Baca juga: Dukung pemanfaatan e-katalog sektoral, Kemenkumham Jateng buka layanan pendaftaran

Hadir mendampingi Wamenkumham dalam peresmian pembukaan Public Expo, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin dan Kepala Divisi Administrasi, Jusman, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Supriyanto, Kepala Divisi Keimigrasian, Wishnu Daru Fajar serta Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Bambang Setyabudi,

Wamenkumham mengungkapkan dengan adanya Pubic Expo ini mendukung upaya percepatan ekonomi di Indonesia dimana masyarakat dapat mendaftarkan produk usahanya kepada Kemenkumham.

"Di sini ada Badan Usaha Berbadan Hukum yang bisa menciptakan kesadaran hukum masyarakat agar hasil kerajinan dapat didaftarkan utamanya mereknya, sehingga memiliki daya ekonomi jual sendiri, " ujar Prof. Eddy.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Jateng kukuhkan 10 Guru Kekayaan Intelektual

Senada dengan itu, Kakanwil A. Yuspahruddin berharap melalui kegiatan ini masyarakat dapat lebih memahami layanan Kemenkumham.

Sebelumnya Wamenkumham Prof. Eddy meninjau beberapa stan pameran yang terdapat dalam Public Expo HDKD Ke 77. Kesempatan pertama, Wamenkumham meninjau secara langsung stan layanan pendaftaran e-Katalog Sektoral Kemenkumham yang berada pada Gedung Weeskamer.

Tercatat jumlah barang/jasa dari pelaku UMKM di Jawa Tengah yang telah tayang pada e-Katalog Sektoral pada hari ketiga pendaftaran sebanyak 81.

Baca juga: Wamenkumham apresiasi pemenuhan standar layanan UPT

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024