Semarang (ANTARA) - Bertepatan dengan moment kemerdekaan, pada tanggal 21 Agustus 2022 akan digelar event 1.000 Kebaya Untukmu Indonesiaku sebagai salah satu upaya untuk melestarikan kebudayaan sekaligus sebagai pengumpulan donasi yang seluruhnya akan disalurkan melalui Dinas Sosial Kabupaten Semarang.

Kegiatan yang digarap Griya Persada Convention Hotel & Resort Bandungan tersebut dimaksudkan untuk kembali mengingatkan masyarakat dan pemerintah akan pentingnya pelestarian kebaya yang dari dulu sudah ada di Indonesia. 

Guntur Wibowo selaku General Manager Griya Persada Convention Hotel & Resort Bandungan menjelaskan kegiatan serupa pernah dilaksanakan Griya Persada Convention Hotel & Resort Kaliurang yang mendapatkan antusiasme tinggi mulai dari masyarakat sekitar hingga keluarga keraton. 

Perhelatan event kali ini, lanjut Guntur, memiliki dua misi yang sejalan yakni selain mengedukasi masyarakat dan pelestarian kebaya, juga ingin mengajak masyarakat/komunitas untuk peduli terhadap satu sama lain, yaitu donasi kemanusiaan. 

"Dalam momen kemerdekaan ini, masih banyak masyarakat di luar sana yang belum pulih dari serangan pandemi COVID–19 selama dua tahun lalu. Kegiatan ini sekaligus sebagai wujud kepedulian terhadap sesama dan mengamalkan sila ke 2 Pancasila," kata Guntur.

Menurut Guntur, hal tersebut sejalan dengan tema ulang tahun Indonesia ke-77 yaitu Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. 
  Event 1.000 Kebaya Untukmu Indonesiaku akan dilaksanakan tanggal 21 Agustus 2022. Untuk link pendaftaran bagi yang mau gabung bisa melalui https://bit.ly/1000kebaya ANTARA/Ist Guntur menambahkan dalam hal melestarikan kebudayaan Indonesia dapat diwujudkan dengan memakai kebaya. Kebaya adalah busana yang identik dengan Wanita Indonesia. Kebaya sudah ada sejak abad ke-7 yang dibawa oleh budaya dari Timur Tengah dengan nama qaba atau jubah panjang, yang berubah setelah portugis datang ke Indonesia dan berubah menjadi "cabaya". 

Hal tersebut didukung dengan maraknya kemunculan berbagai komunitas perempuan yang bertujuan mengangkat kebaya sebagai busana tradisional kebanggaan Indonesia yang dapat digunakan dalam setiap aktivitas sehari-hari. 

"Untuk transparansi dari misi donasi kemanusiaan ini, semua keuntungan yang didapat dari event 1000 Kebaya: Untukmu Indonesiaku akan didonasikan melalui Dinas Sosial Kabupaten Semarang. Sedangkan untuk link pendaftaran bagi yang mau gabung bisa melalui https://bit.ly/1000kebaya," kata Guntur Wibowo.

Pada rangkaian 1.000 Kebaya Untukmu Indonesiaku tersebut, Perum LKBN ANTARA Biro Jawa Tengah dengan portal beritanya jateng.antaranews.com juga ikut ambil bagian bermitra dalam kegiatan donor darah.

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024