Batang (ANTARA) - Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Ke-76 Bhayangkara mengampanyekan kegiatan keamanan dan keselamatan (safety riding) saat berkendara kepada masyarakat.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Batang AKP Dhayita Daneswari di Batang, Senin, mengatakan bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan dalam berkendara sekaligus meminimalisasi kasus kecelakaan lalu lintas.

"Kegiatan kampanye tertib berlalu lintas dengan mengambil tema Safety Riding. Oleh karena itu, kami mengimbau masyarakat selalu berhati-hati saat berkendara dan mengutamakan keselamatan," katanya.

Melalui pemahaman berkendara dan keselamatan peraturan lalu lintas tersebut, lanjut dia, dapat menekan jumlah atau angka kecelakaan lalu lintas khususnya di Kabupaten Batang.

Untuk menyukseskan kampanye itu, pihaknya mengajak komunitas sepeda motor dan siswa yang tergabung dalam petugas keamanan sekolah (PKS) dapat memberikan contoh pada masyarakat terhadap kedisplinan dan tertib berlalu lintas di jalan raya.

Selain itu, kata dia, Satlantas Polres Batang juga akan melakukan sosialisasi tentang imbauan memakai sepatu bagi pengendara sepeda motor di jalan raya.

Dhayita Daneswari memandang perlu pengendara sepeda motor memakai sepatu daripada memakai sandal jepit sebagai upaya mengantisipasi terjadinya luka yang makin parah apabila terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Kebanyakan kasus kecelakaan tunggal sepeda motor bagi pengendara yang memakai sandal jepit akan mengalami luka parah pada kakinya. Oleh karena, semoga masyarakat selalu tertib berlalu lintas dan menaati peraturan lalu lintas," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024