Sukoharjo (ANTARA) - Polres Sukoharjo, Jawa Tengah menggelar pelatihan keselamatan mengemudi dan kedaruratan terhadap petugas Forum Ambulance Sukoharjo Bersatu (FAST) dalam acara "Safety Driving dan Emergency Training", di Aula RSI Yarsis Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Sabtu.

Menurut Kepala Polres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan di Sukoharjo, Sabtu, kegiatan talk show tersebut rangkaian kegiatan menyambut HUT Ke-76 Bhayangkara yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2022.

Ia menyampaikan banyaknya kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sukoharjo sebagai suatu keprihatinan bersama.

Padahal, katanya, berbagai langkah dilakukan, seperti sosialisasi, inovasi, upaya pencegahan, hingga penindakan kepada para pelanggar aturan, namun tetap saja hampir setiap hari terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Jadi untuk penanganan laka lantas (kecelakaan lalu lintas) ini, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya adalah FAST yang telah kami bentuk beberapa waktu lalu. Di mana FAST ini, sangat membantu Satlantas Polres Sukoharjo dalam percepatan penanganan laka lantas," kata dia.

Guna menunjang peran FAST diadakan "Talk Show Pelatihan Safety Driving dan Emergency" untuk meningkatkan kualitas dan kecepatan dalam pelayanan korban kecelakaan lalu lintas di jalan.

Sebab, katanya, apabila para petugas pada FAST ini, tidak menguasai keahlian dan mengetahui standar operasional prosedur (SOP) penanganan korban kecelakaan lalu lintas, dikhawatirkan terjadi kesalahan yang justru membuat korban menjadi fatal.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan 'talk show' dan pelatihan seperti ini, semoga dapat memberi ilmu pengetahuan dan wawasan kepada para petugas ambulans, sehingga ke depan dapat menjadi bekal dalam melaksanakan tugasnya," katanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada FAST yang telah aktif membantu tugas-tugas kepolisian dalam penanganan kecelakaan lalu lintas yang tidak mengenal lelah selama 24 jam, serta selalu berkolaborasi dengan Satuan Lantas Polres Sukoharjo. 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024