Semarang (ANTARA) - PLN berkomitmen untuk mendukung kesejahteraan sosial dan kelestarian lingkungan melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli dan salah satu bentuk kepedulian sosial PLN salah satunya dengan mendukung produktivitas bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. 

PLN memberikan bantuan para pedagang kaki lima (PKL) di kawasan wisata New Kemukus, Kabupaten Sragen dilakukan pada Selasa, (21/6/2022) yang diwujudkan dalam bentuk 14 unit gerobak dan 7 booth bagi pedagang kaki lima serta, 20 kompor induksi.

"Program TJSL ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian para pedagang kaki lima, khususnya di sekitar Gunung Kemukus, selain itu penggunaan kompor induksi ini akan mendorong electrifying lifestyle di kalangan UMKM," kata Joko Hadi Widayat, selaku Manager UP3 Surakarta.

Joko menambahkan bantuan ini sejalan dengan fokus program TJSL yaitu pengembangan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDG’s).

Baca juga: Warga penerima bantuan sambungan listrik gratis PLN akui hidup lebih mudah

Dalam kesempatan ini penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Manager PLN UP3 Surakarta, Joko Hadi Widayat kepada Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, bertepatan dengan Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen.

Bupati Sragen menyampaikan terima kasih kepada PLN atas bantuan yang diberikan. Yuni juga berharap bantuan tersebut dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bantuan berupa gerobak dan booth bagi pedagang kaki lima diharapkan mampu mendukung Pemerintah Kabupaten Sragen meningkatkan roda perekonomian masyarakat di sekitar objek wisata Gunung Kemukus.

Baca juga: PLN berikan bantuan pengolahan limbah RPH

Wajah para pedagang kaki lima di kawasan wisata New Kemukus Kabupaten Sragen terlihat sumringah mereka dapat bantuan TJSL dari PLN UP3 Surakarta.

Salah satu penerima bantuan, Sito Eko Budiantoro mengaku sangat bahagia menjadi salah satu penerima bantuan dari PLN UP3 Surakarta. Pihaknya berterima kasih kepada PLN. 

"Semoga usaha kami sukses. Untuk PLN, ke depan bisa menjadi yang terbaik dan selalu bisa menerangi masyarakat,” tuturnya.

Tercatat sepanjang semester I tahun 2022 PLN telah menyalurkan total sebanyak Rp620 juta kepada pelaku UMKM di Wilayah Jateng-DIY. Selain Booth PKL (Pedagang Kaki Lima) New Kemukus Sragen, bantuan UMKM yang diberikan berupa pengelolaan Rumah BUMN Gunung Kidul.

Baca juga: Tak terdampak penyesuaian tarif, Ini daftar pelanggan bisnis dan industri PLN

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024