Cilacap (ANTARA) - Kegiatan donor darah rutin yang diselenggarakan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap bersama Palang Merah Indonesia dan Kepolisian Resor Cilacap berhasil mendapatkan 547 kantong darah.

Dalam kegiatan yang digelar di Gedung Patra Graha, Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (7/6), Pjs General Manager PT KPI RU IV Arief Budiyanto mengatakan donor darah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan tiga kali dalam satu tahun. 

"Kami memahami pentingnya kegiatan donor darah bagi kesehatan sekaligus sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap sesama. Itulah mengapa donor darah ini menjadi program rutin," katanya.

Ia mengatakan dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga membuka layanan Voluntary Counselling Test (VCT) Mobile sebagai upaya preventif dalam penanganan penyebaran HIV/AIDS, terutama di lingkungan kerja. 

"Terkait komitmen ini, PT KPI RU IV juga sudah mendapatkan penghargaan platinum dari Kementerian Ketenagakerjaan RI dalam program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja," kata Arief.

Sebagai wujud sinergi dengan PMI selaku penyelenggara donor darah, dilakukan pula penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) penyelenggaraan donor darah secara rutin oleh Pjs GM PT KPI RU IV Arief Budiyanto dan Ketua PMI Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf.

Pada kegiatan bertajuk "Donor Darah dan Sosialisasi P2 HIV/AIDS, Wujud Nyata Berbagi Pada Sesama" itu dilengkapi dengan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan (P2) HIV/AIDS oleh narasumber Rubino Sriadji dari RSUD Cilacap. Sosialisasi diikuti perwakilan guru-guru dari sejumlah sekolah di Kota Cilacap.

Baca juga: Anggota PWP Cilacap unjuk kreativitas melalui lomba menyulam pita
Baca juga: Ini cara pekerja Pertamina Cilacap peringati Hari Lingkungan Hidup
Baca juga: Pertamina Cilacap dan Basarnas sepakati kerja sama pelatihan SAR

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024