Temanggung (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, melakukan inspeksi keselamatan angkutan menjelang Lebaran 2022 di beberapa garasi bus.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Temanggung Supriyanto di Temanggung, Rabu, mengatakan dalam kegiatan ini dilakukan pemeriksaan atau pengujian teknis kendaraan dan administrasi pengemudi maupun kendaraan.

"Kami memberikan pengarahan kepada pemilik maupun pengemudi kendaraan terkait kelengkapan yang wajib ada di mobil angkutan, perizinan yang memadai dan harus dilengkapi, memasang stiker laik jalan bagi angkutan yang lulus uji dan laik jalan," katanya.

Ia menyampaikan hal tersebut usai melakukan pengecekan bersama tim Dinas Perhubungan dan Polres Temanggung di garasi bus PO Sumber Anugerah.

Baca juga: Dirjen Hubdat inspeksi keselamatan di Terminal Purwokerto

Supriyanto menyampaikan inspeksi keselamatan (ramp check) ini sebenarnya dilaksanakan secara rutin, terutama menjelang momentum-momentum besar.

"Bisanya kami melaksanakan kegiatan ini menjelang Idul Fitri serta menjelang Natal dan Tahun Baru," katanya.

Ia menuturkan pihaknya bersama-sama dengan pihak kepolisian mengecek kendaraan angkutan, baik dari sisi fisik, perlengkapan maupun surat-suratnya, termasuk surat-surat kelengkapan pengemudi.

"Harapan kami dengan pengecekan ini paling tidak untuk memastikan bahwa kendaraan itu sudah sesuai dengan standar dan ketika jalan kondisinya juga laik jalan," katanya.

Baca juga: Dishub Batang lakukan inspeksi keselamatan angkutan Lebaran 2022
Baca juga: Dinhub Banyumas intensifkan kegiatan "ram check" jelang lebaran

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024