Solo (ANTARA) - Bandara Adi Soemarmo Solo menyiapkan layanan vaksinasi penguat bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan melalui bandar udara tersebut.

General Manager Bandara Internasional Adi Soemarmo Yani Ajat di Solo, Kamis, mengatakan untuk mendapatkan vaksinasi, calon penumpang telah berumur minimum 18 tahun.

"Harus menunjukkan foto kopi KTP atau kartu identitas diri dan bukti tiket pesawat," katanya.

Ia mengatakan fasilitas layanan tersebut sebagai tindak lanjut dari terbitnya Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 36 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia.

Baca juga: Dinkes Boyolali kejar target 30 persen capaian vaksinasi penguat akhir April
Baca juga: Banyumas berupaya percepat penuntasan vaksinasi COVID-19

"Pada tanggal 12-13 April 2022, Bandara Internasional Adi Soemarmo bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilayah Kerja Bandara Adi Soemarmo dan Kodim 0724 Boyolali kembali membuka layanan sentra vaksinasi COVID-19 di Area Lantai 1 Stasiun Kereta Bandara Internasional Adi Soemarmo," katanya.

Ia mengatakan upaya tersebut merupakan wujud komitmen serta dukungan perusahaan untuk percepatan program vaksinasi sebagai salah satu persyaratan untuk melakukan perjalanan udara di masa pandemi COVID-19.

"Untuk diketahui, saat ini hanya calon penumpang yang telah mendapatkan vaksin dosis ketiga atau penguat saja yang tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes PCR atau tes usap antigen," katanya.

Oleh karena itu, untuk kemudahan penumpang yang melakukan perjalanan udara selama masa pandemi, pihaknya beserta mitra kerja akan terus berupaya untuk mengadakan kegiatan serupa khususnya selama arus mudik Lebaran 2022 berlangsung.
Baca juga: Setiap hari, Dinas Kesehatan Kota Surakarta vaksinasi 2.000 warga

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Mugiyanto
Copyright © ANTARA 2024