Magelang (ANTARA) - Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan mitra strategis pemerintah, karena memiliki kelembagaan yang terstruktur dari tingkat pusat sampai tingkat desa serta didukung kader-kader militan yang bekerja dengan penuh dedikasi, kata Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto

"Oleh karena itu, organisasi perangkat daerah supaya bermitra dengan gerakan PKK, karena PKK memiliki potensi luar biasa dalam mendukung pelaksanaan pembangunan nasional dan daerah," kata Adi di Magelang, JawaTengah, Rabu. 

Ia menyampaikan hal tersebut saat membuka Rapat Koordinasi Pembina Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang Tahun 2022 di Aula Gedung PKK Kabupaten Magelang.

"Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang yang selama ini telah membantu program pemerintah, antara lain telah berperan aktif dalam kegiatan vaksinasi, pencegahan dan penurunan stunting, pembinaan UMKM dan masih banyak lagi sehingga manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Ia menyampaikan rakor dengan tema Kemitraan dan Sinergitas menjadi Kunci dalam Mewujudkan Keluarga Berdaya dan Sejahtera diharapkan mampu menyegarkan komitmen serta tujuan gerakan PKK, salah satunya adalah menjadikan keluarga yang berdaya dan sejahtera, yaitu keluarga yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidupnya, baik dari aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sosial-budaya.

Adi menekankan untuk mewujudkan tujuan mulia inilah PKK membutuhkan sinergi dan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk dengan pemerintah daerah.

Oleh karena itu, kata dia, hasil rakor ini diharapkan bisa menunjang terwujudnya empat pokok prioritas PKK, yaitu ketahanan ekonomi masyarakat, revolusi mental, kemudian pelestarian lingkungan hidup, dan memperkuat pelayanan dasar, seperti kesehatan, pendidikan sosial dan budaya.

"Saya berharap program dan kegiatan yang sudah dilakukan oleh PKK mendapat dukungan kemitraan dari berbagai OPD, sehingga program kerja OPD bisa mendukung keberhasilan program-program dan kegiatan PKK. Bagi OPD yang belum bisa mendukung program PKK, ke depan saya imbau bisa bermitra dan mendukung program dan kegiatan PKK Kabupaten Magelang," katanya.

Salah satu program dan kegiatan PKK yang saat ini juga butuh mendapatkan dukungan dan bantuan dari OPD terkait adalah kegiatan Keluarga Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah Bencana) di bidang kesehatan, lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

Baca juga: Pemkot dampingi ibu hamil cegah kekerdilan

"Alhamdulillah, saya merasa bangga karena salah satu percontohan Gagah Bencana di bidang lingkungan sehat, yaitu di Desa Pagersari Kecamatan Mungkid telah mendapatkan bantuan dan perhatian dari TP PKK Provinsi Jawa Tengah," katanya.

Ia menuturkan keberhasilan Pemkab Magelang dalam meraih berbagai penghargaan di tingkat provinsi dan pusat juga tidak lepas dari peran serta PKK Kabupaten Magelang antara lain seperti Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Utama, Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA), dan termasuk program inovasi daerah yang mengangkat program kegiatan yang sudah dilakukan oleh PKK milenial, baik di tingkat kabupaten sampai dengan tingkat Kecamatan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang Christanti Handayani Zaenal Arifin menyampaikan program PKK menyentuh sampai ke level akar rumput, tingkat pusat, dasa wisma, dan sampai ke tingkat keluarga.

Ia mengatakan misi dari PKK sendiri, antara lain meningkatkan pendidikan karakter keluarga. Dalam hal ini kegiatan yang menjadi prioritas unggulan pada tahun 2022 adalah pola asuh anak dan keluarga di era digital. Kemudian meningkatkan ekonomi keluarga melalui berbagai keterampilan dan pengembangan kehidupan berkoperasi.

Menurut dia, PKK Kabupaten Magelang siap mendukung program prioritas Pemkab Magelang, baik pengurangan kasus tengkes (stunting) dan perkembangan digital, ekonomi dan sebagainya.

"Oleh karena itu, mari berkolaborasi dan bersinergi bersama untuk masyarakat di Kabupaten Magelang," katanya.

Baca juga: Dua mitra binaan Pertamina Cilacap meriahkan HKG PKK 2022
Baca juga: PKK Kudus ikut sosialisasikan pencegahan tengkes

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024