Semarang (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah kembali memberi penghargaan kepada sejumlah tokoh dan korporasi.

Kali ini, sebanyak 16 tokoh dari berbagai profesi dan 3 korporasi di Jawa Tengah menerima penganugerahan PWI Jateng Award 2022 di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, Jumat (25/3) malam.

Penghargaan diberikan sebagai apresiasi atas prestasi, kontribusi dan rekam jejak mereka dalam pembangunan di Jawa Tengah, melalui profesi dan peran tanggung jawab sosial yang dijalankan para tokoh dan korporasi tersebut. 

Penghargaan tahunan yang digelar PWI Provinsi Jateng dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT ke-76 PWI Tingkat Jateng 2022 itu digelar Jumat (25/3) di Gradhika Bhakti Praja, pukul 19.30 WIB hingga selesai, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pemberian penghargan dilakukan Ketua PWI Provinsi Jateng Amir Machmud NS. Dimulai dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, yang diwakili Sekda Provinsi Jateng Sumarno.

Orang pertama di Jateng itu dipilih atas komitmen dan dukungan penuhnya selama ini untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi wartawan melalui program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PWI Jateng.

Kemudian, politilus senior Partai Golkar asal Pati, Firman Soebagyo dan politikus PDIP Dewi Aryani.

Penghargaan juga diberikan kepada lima orang kepala daerah, yakni Idza Priyanti (Bupati Brebes), Mukti Agung Wibowo (Bupati Pemalang), Dedy Yon Supriyono (Wali Kota Tegal), Hevearita G. Rahayu (Wakil Wali Kota Semarang), dan Zainal Arifin (Bupati Magelang).

Penghargaan diberikan pula kepada tiga pimpinan perguruan tinggi di Jateng, yakni Prof. Dr. Gunarto (Rektor Universitas Islam Sultan Agung Semarang), Dr. Ir. Supari Priambodo, MT. (Rektor Universitas Semarang), dan Dr. Taufiqulloh, M.Hum  (Rektor Universitas Pancasakti Tegal)

Selanjutnya, Moch. Faiq (Ketua DPRD Kabupaten Tegal) dan Letkol Inf. Honi Havana (Dandim 0733/ Kota Semarang).

Untuk kalangan pengusaha dan perbankan, penghargaan diberikan kepada Irwan Hidayat (Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk.), Supriyatno (Direktur Utama Bank Jateng), serta Hj. Khurotul Jannah, SE, MM. (Dirut PT Nisajana Hasna Rizqy, Tegal)

Tiga korporasi yang dianugerahi penghargaan, yakni PT Semen Gresik (Persero),  PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, dan Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL).

Ketua PWI Provinsi Jateng Amir Machmud NS mengatakan bangsa ini membutuhkan para penghela perubahan demi kemajuan bangsa di masa mendatang.

Prestasi dan kontribusi mereka, katanya, merupakan sumber inspirasi, keteladanan untuk menjadi contoh, panutan, dan tempat berkaca.

‘’Cara berpikir ini menandai sikap kami untuk menghargai prestasi dan keteladanan para penerima penghargaan PWI Provinsi Jawa Tengah di berbagai bidang pada setiap tahun,’’ ungkap Amir didampingi Ketua Panitia Haryanto dan Sekretaris Stefy Thenu.

Selain prestasi, pengakuan dan penghargaan ini juga diberikan kepada para tokoh dan korporasi tersebut, yang selama ini terbukti telah menjalin kemitraan secara intens dan positif dengan kalangan pers di Jawa Tengah.

‘’Baik secara pribadi maupun kelembagaan, mereka telah memberikan komitmen dan kepedulian yang sangat intens dan luar biasa dalam menjalin hubungan kemitraan yang strategis dan positif dengan media,’’ tutup Amir. ***

Pewarta : Zaenal
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024