Magelang (ANTARA) - Sebanyak 530 atlet mengikuti kejuaraan renang antar-perkumpulan tingkat nasional yang diselenggarakan di Samapta Aquatic kompleks Gelora Sanden Kota Magelang, Jawa Tengah.

Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Magelang Wawan Musafak di Magelang, Jumat, mengatakan sejumlah atlet renang tersebut berasal dari 82 perkumpulan.

"Mereka berasal dari 13 provinsi di Indonesia," katanya.

Ia mengatakan kejuaraan renang Wali Kota Magelang Cup yang berlangsung pada 4-6 Maret 2022 ini diselenggarakan PRSI Kota Magelang bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Magelang.

Wali Kota Magelang Muchammad Nur Aziz mengapresiasi kejuaraan ini dan ternyata tanggapannya luar biasa, banyak peserta yang datang.

"Saya salut dengan PWI Kota Magelang, bagaimana memberikan narasi supaya mereka pada datang ke Kota Magelang untuk ikut kejuaraan dan mungkin para peserta sudah rindu untuk bertanding, karena selama dua tahun pandemi sangat kesulitan dan alhamdulillah bisa melakukan kejuaraan ini," katanya.

Namun pihaknya tetap memperingatkan kepada para peserta untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak, cuci tangan, dan jangan berkerumun.

Menurut dia kegiatan ini luar biasa, mudah-mudahan menjadi salah satu pencetus untuk kebangkitan olahraga di Kota Magelang.

"Saya ingin atlet Kota Magelang berprestasi di tingkat wilayah Dulongmas (Kedu,Pekalongan, dan Banyumas), Jateng maupun nasional," katanya.

Ketua PWI Provinsi Jawa Tengah Amir Machmud NS menyatakan sangat bangga PWI Kota Magelang terlibat dalam penyelenggaraan renang antar-perkumpulan tingkat nasional.

Ia menuturkan dalam kepengurusan PWI ada seksi wartawan olahraga (Siwo) yang menjadi anggota badan fungsional KONI Provinsi Jawa Tengah.

"Dalam kepengurusan kali ini Siwo-Siwo PWI kabupaten/kota kami harapkan betul-betul terlibat dalam pembangunan olahraga di daerah masing-masing. Kami punya program unggulan yang mulai tahun ini digelar, diawali Siwo PWI Purworejo yang menyelenggarakan pemilihan para pelaku olahraga terbaik dalam satu tahun periode," katanya.

Ia berharapkan Siwo PWI kabupaten/kota yang lain mengikuti dengan menjadikan pemilihan para pelaku olahraga terbaik sebagai program unggulan tahunan.

"Kami berharap kejuaraan renang antarperkumpulan tingkat nasional ini menjadi sejarah bagi Kota Magelang sebagai kegiatan tahunan dan saya yakin PWI akan dengan penuh kesungguhan mengawalnya sebagai kebanggaan bagi dunia renang, kebanggaan bagi Kota Magelang, dan kebanggaan bagi pembinaan olahraga di Jateng," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024