Pekalongan (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekalongan, Jawa Tengah, melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) berkomitmen mendukung peningkatan daya saing sektor pariwisata terutama pengembangan wisata di daerah.

Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekalongan Muhammad Khadafi di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan pariwisata, pihaknya memberikan bantuan permodalan, program pembinaan, pelatihan, serta pemberdayaan dan peningkatan pemasaran hingga mampu menuju pasar global.

"PLN menyadari betapa pentingnya memberikan perhatian terhadap masalah sosial, lingkungan, dan ekonomi di sekitar perusahaan. Tentunya dengan menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang merupakan peran PLN sebagai pendorong kegiatan, pertumbuhan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang berbasis ISO 26000," katanya.

Menurut dia, program TJSL nantinya akan memberikan nilai tambah bagi pariwisata daerah dan berrmanfaat pada perusahaan untuk meningkatkan daya saing dari mitra binaannya seperti Desa Wisata (Deswita) Pandansari, Kecamatan warungasem, Kabupaten Batang.

Deswita Pandansari, kata dia, cocok untuk kegiatan refreshing bersama keluarga atau teman karena memiliki pesona keindahan yang menarik untuk dikunjungi.

"Deswita Pandansari tidak hanya menawarkan wisata edukasi namun juga kegiatan river tubing dan fun camping bagi wisatawan yang ingin berlama-lama di desa ini, serta outbond anak," katanya.

Khadafi mengatakan Deswita Pandansari merupakan contoh program TJSL unggulan PLN yang mampu berkembang dan berhasil mendapatkan beberapa apresiasi hingga ke tingkat nasional.

Sejumlah penghargaan yang diraih oleh Deswita Pandansari, kata dia, antara lain Nusantara CSR Award/Nasional Peningkatan Mutu Masyarakat 2017, Pemberdayaan Ekonomi 2018, Peringkat Platinum Nasional/Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA), Pertumbuhan Ekonomi dan Pekerjaan Layak 2018 hingga 2019, dan kategori platinum Indonesia CSR Award 2020.

"Dengan adanya penerimaan penghargaan menjadi motivasi PLN dan pengelola Deswita Pandansari untuk membuat program yang lebih inovatif dan berkembang," katanya.

Wakil Pengelola Deswita Pandansari Mutrofin mengatakan pencapaian program dan penghargaan yang telah diraihnya tidak akan menghentikan inovasi Deswita Pandansari yang didukung oleh TJSL PLN dalam bertransformasi menciptakan nilai manfaat bersama bagi masyarakat.

Di tengah pandemi COVID-19, kata dia, pengelola Deswita Pandansari sangat mengutamakan kenyamanan pengunjung selama di lokasi wisata yaitu mewajibkan pengunjung harus masuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi, mencuci tangan di pintu masuk objek wisata, dan wajib menggunakan masker.

"Kami memastikan kenyamanan pengunjung dengan menetapkan beberapa poin yang harus dipatuhi saat memasuki wilayah Deswita Pandansari seperti pengecekan suhu badan, penggunaan masker, dan menjaga jarak para pengunjung," katanya.

 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024