Temanggung (ANTARA) - Gerakan Peduli Semeru di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, berhasil menggalang dana sebesar Rp110 juta yang kemudian akan disumbangkan kepada masyarakat korban bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Ketua Gerakan Peduli Semeru Kabupaten Temanggung Tarjuki di Temanggung, Rabu, mengatakan hasil penggalangan dana diserahkan kepada Sekda Kabupaten Temanggung Hary Agung Prabowo didampingi Kabag Kesra Setda Temanggung Herman Santoso untuk kemudian disalurkan kepada yang berhak.

"Alhamdulillah hari ini saya bersama bendahara dan sekretaris menyerahkan hasil penggalangan dana untuk korban Semeru sebesar Rp110 juta kepada Sekda Temanggung untuk disalurkan kepada yang berhak," katanya.

Tarjuki menerangkan bantuan tersebut diperoleh setelah melakukan penggalangan dana di beberapa titik selama 7 hari pada 11-18 Desember 2021.

"Selama tujuh hari kami galang dana di beberapa titik seperti di kota Temanggung, Kranggan, Parakan, Ngadirejo, dan Candiroto," katanya.

Selain bantuan dalam bentuk uang, Gerakan Peduli Semeru juga mengumpulkan bantuan berupa pakaian pantas pakai dan beras terkumpul 2 kuintal.

Ia menjelaskan, Gerakan Peduli Semeru merupakan gerakan yang didasari oleh rasa simpati dan keprihatinan berbagai komunitas yang ada di Kabupaten Temanggung atas musibah erupsi Gunung Semeru.

"Gerakan ini berisikan lintas komunitas masyarakat Temanggung, antara lain relawan bhumi phala, BIT (berbagi info Temanggung), PHRI, komunitas pemusik dan penyanyi Temanggung, dan garda relawan," katanya.

Disinggung legalitas gerakan tersebut, dia menegaskan bahwa gerakan peduli semeru telah mengantongi izin dari Dinas Sosial Kabupaten Temanggung dan berkoordinasi dengan BPBD Temanggung.

"Kami juga telah minta izin Sekda Temanggung untuk melakukan gerakan ini, maka kami serahkan bantuan ini juga melalui sekda dan kabag kesra," katanya.

Sekda Kabupaten Temanggung Hary Agung Wibowo menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Gerakan Peduli Semeru yang telah melakukan penggalangan bantuan untuk korban erupsi Semeru .

"Bantuan yang diterima akan segera kami salurkan ke korban melalui bagian kesra, semoga bantuan ini bisa membantu meringankan beban para korban erupsi Semeru," katanya. ***3***

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024