Semarang (ANTARA) - Beragam kegiatan digelar dalam rangkaian HUT ke-44 BPJS Ketenagakerjaan tanggal 5 Desember dengan menggelar kegiatan bersama karyawan dan stakeholder untuk membangun engagement serta menjaga dan meningkatkan relasi yang sudah berjalan baik. 

Salah satu kegiatan yang digelar yakni lomba penulisan jurnalistik dan fotografi yang terbuka untuk umum yang ditutup 5 Desember 2021 dengan mencatatkan 3.934 karya untuk 2 kategori tersebut.

BPJAMSOSTEK juga menggelar Seminar Internasional ASSA (Asean Social Security Association) yang diikuti oleh delegasi dan ketua dari lembaga jaminan sosial negara-negara anggota serta menyelenggarakan gathering bersama Serikat Pekerja dan Serikat Buruh untuk terus menjalin silaturahmi dan kerja sama yang baik dengan seluruh stakeholder pekerja. 

Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo dalam webinar tersebut menegaskan komitmennya untuk terus aktif menjalin kerja sama dengan negara anggota ASSA dan dalam waktu dekat akan mengundang seluruh anggota untuk datang dalam rapat anggota membahas beberapa hal penting terkait pelaksanaan jaminan sosial.

Selain bagi masyarakat umum dan stakeholder, juga digelar kompetisi di bidang Porseni (Pekan Olahraga dan Seni) bagi internal BPJAMSOSTEK, seperti sepakbola, futsal, badminton, basket, tenis meja, hingga e-sport dan kompetisi seni seperti BPJAMSOSTEK Idol dan lomba menggubah lagu Mars BPJAMSOSTEK.

Selain lomba, BPJAMSOSTEK juga menggelar kegiatan Fun Bike secara terbatas untuk undangan para karyawan dan stakeholder pada hari Minggu (5/12) yang dimeriahkan dengan pemberian hadiah doorprize kepada para peserta kegiatan. 

Salah satu doorprizenya berupa sepeda lipat buatan anak bangsa, Kreuz (nama Kreuz merupakan saduran dari bahasa Sunda 'Kareueus' yang artinya kebanggaan, selain singkatan dari Kreasi Orang Sunda).

"Kami jajaran manajemen BPJAMSOSTEK merasa bangga dapat memberikan hadiah ini dan semoga menambah kebanggaan bagi si pemakai sepeda ini nantinya," katanya.

Dalam kesempatan tersebut seluruh jajaran Direksi dan Dewan Pengawas secara serentak juga menandatangani sepeda Kreuz sebagai wujud apresiasi dan diharapkan dapat memberikan rasa bangga kepada penerima hadiah sepeda tersebut.

Seluruh kegiatan untuk memeriahkan HUT BPJAMSOSTEK tersebut menerapkan aturan ketat protokol kesehatan sesuai yang ditetapkan pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan kerja masing-masing.

Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo mengapresiasi pelaksanaan HUT ke-44 BPJAMSOSTEK dan bisa menjadi penyemangat bagi para peserta BPJAMSOSTEK dan karyawan dalam menghadapi tantangan dan dinamika jaminan sosial ketenagakerjaan yang akan dihadapi. 

"Dengan memiliki semangat dan antusiasme yang sama, saya yakin BPJAMSOSTEK dapat selalu memenuhi ekspektasi peserta dan stakeholder dalam menyelenggarakan program jaminan sosial ketenagakerjaan," katanya.

Dia berharap peserta BPJAMSOSTEK dapat lebih partisipatif terhadap kegiatan yang dilakukan institusi dan turut memberikan aspirasi dan masukan atas pelaksanaan perlindungan program BPJAMSOSTEK baik melalui kegiatan formal maupun informal seperti kegiatan lomba yang terbuka bagi pekerja secara umum. 

"Dengan begitu, BPJAMSOSTEK diharapkan selalu adaptif dalam menghadapi tantangan dan menjadi institusi yang solutif terhadap kebutuhan dan ekspektasi peserta dan seluruh stakeholder," katanya.

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Majapahit Imron Fatoni menambahkan di ulang tahun ke-44, BPJAMSOSTEK terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh peserta dan semakin banyak yang terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Semakin banyak yang terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan, maka bisa berbanding lurus dengan penurunan masyarakat miskin yang diakibatkan tulang punggung keluarga mengalami risiko meninggal dunia atau risiko lainnya," kata Imron Fatoni.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024