Karanganyar (ANTARA) - Karang Taruna terbaik di Indonesia Bhakti Karya Desa Kaling asal Kabupaten Karanganyar hingga saat ini masih fokus pada kegiatan sosial salah satunya berupaya meningkatkan kemampuan masyarakat sekitar.

Ketua Karang Taruna Bhakti Karya Desa Kaling Agus Suyatno di Karanganyar, Jumat mengatakan banyak kiprah karang taruna tersebut yang telah dilakukan demi kesejahteraan masyarakat desa setempat. 

"Beberapa yang kami lakukan di antaranya bimbingan belajar bagi anak-anak saat akan menghadapi ujian, mengadakan pengajian akbar, dan kajian bagi perempuan muslim Desa Kaling," katanya.

Selain itu, dikatakannya, dilaksanakan juga workshop kewirausahaan yang bekerja sama dengan beberapa pengusaha untuk memberikan pelatihan seperti membuat lilin dari minyak jelantah dan sablon.

"Kegiatan yang dilakukan oleh karang taruna di Desa Kaling ini untuk mengatasi permasalahan sosial masyarakat. Kami mengadakan kegiatan khususnya membantu pemerintah, contohnya ada kegiatan yang mengundang dari berbagai unsur untuk pembinaan pemuda seperti penanggulangan narkoba dan pergaulan bebas," katanya.

Terkait hal itu, Ketua Umum Partai Kedaulatan Rakyat (PKR) Tuntas Subagyo mengapresiasi berbagai kegiatan yang sudah dilakukan oleh karang taruna tersebut.

Menurut dia, untuk melahirkan generasi muda andal seperti di Karang Taruna Bhakti Karya tersebut maka kalangan muda harus mau menggali potensi mereka sendiri maupun dengan dibantu pihak lain seperti pemerintah desa.

Oleh karena itu, dikatakannya, pemerintah desa memiliki peran penting dalam penggalian dan pengembangan potensi pemuda desa setempat.

"Kalau di dalam satu desa pengelolaan pemudanya oleh pemerintah desa berjalan baik pasti akan muncul ide-ide kreatif," katanya.

Selain itu, dikatakannya, pemuda bisa mengembangkan potensi salah satunya ekonomi kreatif agar persoalan pengangguran bisa ditangani.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024