Pati (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menargetkan hingga akhir Oktober 2021 bisa mencapai 53 persen cakupan vaksinasi COVID-19 untuk dosis pertama, menyusul tersedianya 100.000 dosis vaksin.

"Untuk bisa mencapai target 53 persen pada akhir bulan Oktober 2021, maka dalam waktu lima hari terkahir ini harus mampu menghabiskan setidaknya 50.000 dosis," kata Bupati Pati Haryanto di Pati, Rabu.

Ia meminta semua jajaran untuk ikut berupaya agar vaksinasi dapat dilaksanakan lebih maksimal, agar dapat mencapai target sasaran.

Baca juga: Wagub Jateng minta bupati tindak tegas kecamatan tak dukung vaksinasi

"Masing-msaing Puskesmas kami minta untuk bekerja maksimal, nanti semua lini akan kami optimalkan," ujarnya.

Semua camat dan direktur rumah sakit juga diminta masukannya agar target vaksinasi hingga 31 Oktober 2021 bisa mencapai target.

"Jadi sebisa mungkin ini kita berpikir tentang bagaimana dengan sisa waktu 5 hari ini, bisa menghabiskan 50.000uan vaksin. Pembagianya untuk setiap kecamatan antara 2.000 hingga 2.500 dosis dan konstan hingga 31 Oktober 2021," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Aviani mengungkapkan bahwa capaian vaksinasi di Kabupaten Pati saat ini sebesar 49 persen. Meski demikian dirinya meminta agar masyarakat tidak berpuas diri.

"Tentunya untuk mencapai target 53 persen dengan dukungan banyak pihak bisa tercapai. Apalagi, melihat capaian rata-rata per hari kenaikannya lebih dari 1 persen sehingga optimis akhir bulan Oktober 2021 bisa mencapai target," ujarnya. 

Baca juga: Jateng intensifkan komunikasi dengan kabupaten/kota terkait vaksinasi
Baca juga: 16,1 juta jiwa warga Jateng sudah terima vaksinasi

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024