Kudus (ANTARA) -
Bupati Kudus Hartopo mengajak masyarakat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, untuk meneladani kepribadian Rasulullah dan menjadikan momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW untuk meningkatkan tali silaturahmi.
 
"Meneladani kepribadian Rasulullah, bisa dari sikap, perilaku maupun Budi pekerti beliau yang penuh dengan keimanan dan ketaqwaan," ujarnya pada acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pendopo Kabupaten Kudus, Senin malam.
 
Ia juga mengajak masyarakat muslim menjalankan sunahnya pada kehidupan sehari-hari yang perlu diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
 
Dengan demikian, kata dia, akan selalu mengingatkan semua orang agar selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.
 
Melalui peringatan maulid ini, dia berdoa semoga dijauhkan dari segala rintangan dan bencana, serta dilapangkan dan dimudahkan dalam berbagai urusan pemerintahan dan pembangunan untuk menuju masyarakat Kudus yang modern, religius, cerdas dan sejahtera.
 
Ia juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kebersamaan, kerukunan, serta persatuan dan kesatuan antar sesama warga Kudus.
 
"Sebagai satu kekuatan yang besar dalam menghadapi dinamika masyarakat, untuk bangkit, membina dan mereformasi sikap mental umat beragama, sesuai dengan nilai-nilai dan ajaran Agama Islam," ujarnya.
 
Pemkab Kudus sendiri menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW secara sederhana karena masihasa pandemi, sehingga masih ada pembatasan dalam berkegiatan.
 
"Untuk itu, kami ingatkan agar tetap menjalankan protokol kesehatan sebagaimana yang diajarkan Rasulullah pada saat terjadi wabah penyakit atau tho'un," ujarnya.
 
Di antaranya, diam di rumah, tidak mendekati tempat wabah penyakit, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dan berdoa. ***3***

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024