Magelang (ANTARA) - Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Magelang masa bakti 2021-2025 diharapkan bisa membawa prestasi olahraga lebih baik lagi, kata Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz.

"KONI merupakan salah satu komponen yang turut membantu memajukan Kota Magelang, khususnya di bidang olahraga. Oleh karena itu KONI diharapkan mampu mengantarkan prestasi olahraga yang lebih tinggi lagi," katanya di Magelang, Jawa Tengah, Selasa.

Ia mengatakan hal tersebut pada pelantikan pengurus KONI Kota Magelang masa bakti 2021-2025 di lapangan belakang kantor Wali Kota Magelang.

Menurut dia, pengurus KONI Kota Magelang saat ini lebih lengkap, ada dari birokrat, TNI, Polri, sampai pengusaha. Oleh karena itu, diharapkan bisa kompak membawa prestasi olahraga yang lebih baik.

"Kalau sekarang di Porprov peringkat 16, ke depan diharapkan bisa peringkat 4," katanya.

Ia mengapresiasi para pengurus termasuk dewan pengawas yang telah berbakti tanpa pamrih untuk ikut memajukan olahraga Kota Magelang.

"Terima kasih sudah mau mengurusi salah satu bagian dari warga Kota Magelang, dan itu tidak mungkin Pemkot Magelang lakukan sendiri, karena harus dibantu beberapa komponen," kata Aziz.

Ia berharap mereka bisa merangkul seluruh cabang olahraga agar anggaran yang telah dikucurkan bisa terserap maksimal dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pemkot Magelang, katanya, telah memberikan dana hibah untuk mendukung kegiatan KONI.

"Saya berharap bagaimana merangkul cabang olahraga, kalau minta anggaran harus ada pertanggungjawaban, kami butuh kinerjanya apa, target dan kegiatan harus jelas. Seorang ketua juga harus bagaimana membuat lompatan (inovasi) organisasi yang dipimpinnya," katanya.

Ketua KONI Kota Magelang masa bakti 2021-202 Ali Sobri Sungkar mengatakan, saat ini KONI Kota Magelang masih harus berjuang dan bekerja keras untuk meraih prestasi terbaik.

Ia menyampaikan berbagai upaya telah dilakukan oleh pengurus periode sebelumnya dan hasilnya cukup membanggakan.

Prestasi itu, antara lain Porprov 2013 peringkat 25, Porwil Dulongmas peringkat 2, anugrah KONI Awards tingkat Jateng dan Porprov 2018 menduduki peringkat 16.

"Hasil prestasi terbaik yang diraih oleh pengurus sebelumnya menjadi tantangan, semangat dan motivasi pengurus saat ini, untuk terus mendorong lahirnya atlet-atlet muda berprestasi," katanya.

Ke depan, katanya tantangan akan lebih besar, tidak hanya karena daerah lain memiliki persiapan yang lebih baik tetapi juga perkembangan dan tumbuhnya cabang-cabang olahraga baru yang dilombakan. 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024