Purwokerto (ANTARA) - Perseroan Terbatas (PT) Angkasa Pura I menyerahkan bantuan berupa aset bangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) kepada Pemerintah Kabupaten Purbalingga sebagai bagian dari program pertanggungjawaban sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR).

"Kami berharap Balkondes ini bisa dimanfaatkan dengan baik, kemudian bisa membantu pemulihan ekonomi di sektor pariwisata," kata Vice President Secretary PT Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan melalui siaran pers yang diterima di Purwokerto, Rabu.

Handy Heryudhitiawan menjelaskan bahwa aset bangunan Balkondes berlokasi di kawasan objek wisata Goa Lava Purbalingga.

Dijelaskan bahwa CSR pembangunan Balkondes ini merupakan sinergi dari enam BUMN, yakni PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, PT Perusahaan Gas Negara, PT BRI, PT Pupuk Indonesia dan PT KAI.

Kendati kondisi pandemi telah berdampak pada beberapa sektor, menurut dia, CSR tersebut menjadi bukti bahwa dalam kondisi sesulit apapun pihaknya terus berupaya berkontribusi.

Balkondes yang dimaksudkannya terdiri atas 4 unit homestay berarsitektur rumah nanas, satu unit bangunan publik, bangunan amfiteater hingga penerangan taman, instalasi pemipaan air bersih, instalasi pemipaan air kotor, dan instalasi pemipaan air bekas.

Pembangunan Balkondes tersebut dilakukan sejak akhir tahun 2019.

Sementara itu, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menyampaikan apresiasi atas bantuan pembangunan Balkondes di Golaga yang merupakan program CSR sinergi BUMN.

"Meskipun wisata belum bisa buka, untuk kabupaten zona level 3, termasuk Purbalingga, sudah boleh melakukan simulasi terbatas," katanya.

Dengan tuntasnya pembangunan Balkondes tersebut, Bupati berharap bisa menambah semangat dan gairah kembali pelaku wisata, khususnya di Golaga.

"Balkondes sangat memberikan manfaat bagi pengelola objek wisata setempat. Oleh karena itu, kami berpesan agar Balkondes dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pengelola," katanya.

Baca juga: KKP-Angkasa Pura I terapkan aturan baru cegah dokumen kesehatan palsu

Baca juga: AP II mengumumkan pengaktifan Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga
 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024