Purwokerto (ANTARA) - Uji coba atau simulasi pembukaan objek wisata di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menunggu penurunan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Cilacap Tri Komara Sidhy Wijayanto.

"Saat ini, Cilacap masih PPKM level 4, jadi belum berani melakukan uji coba, karena objek wisata masih ditutup. Nanti, kalau sudah level 3, baru akan dilakukan uji coba atau semacam simulasi untuk persiapan pembukaan objek wisata," katanya saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin.

Kendati demikian, dia mengatakan pihaknya sudah menyiapkan satu objek wisata alam yang akan menggelar simulasi, yakni Kemit Forest Education di Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja.

Baca juga: PPKM Level 3, Batang lakukan simulasi persiapan pembukaan objek wisata

Menurut dia, dipilihnya Kemit Forest Education sebagai bakal lokasi simulasi karena objek wisata lainnya belum memenuhi syarat.

Selain itu, kata dia, simulasi juga tidak memungkinkan untuk digelar di objek wisata pantai seperti Pantai Teluk Penyu karena milik TNI Angkatan Darat.

"Kebetulan Pemkab Cilacap sudah ada kerja sama dengan Perhutani dalam pengelolaan objek wisata Kemit Forest Education. Yang paling siap menggelar simulasi memang Kemit Forest, tahun kemarin simulasinya juga di sana," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya akan segera menggelar simulasi ketika PPKM di Cilacap turun dari level 4 menjadi level 3.

"Semoga PPKM di Kabupaten Cilacap turun, paling tidak level 3. Kalau masih level 4, kami tidak berani menggelar simulasi," kata Tri.

Baca juga: Pelaku wisata Banyumas sambut baik uji coba pembukaan Lokawsiata Baturraden
Baca juga: Ganjar: Aturan uji coba dan pembukaan destinasi wisata masih dibahas

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024