Solo (ANTARA) - Perusahaan "marketplace" atau perantara antara penjual dan pembeli berbasis daring Tokopedia memfasilitasi vaksinasi COVID-19 di kalangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar kelompok tersebut segera bangkit setelah sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Pada program vaksinasi yang diselenggarakan oleh Tokopedia di Auditorium Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni berharap kegiatan tersebut dapat lebih melindungi masyarakat, termasuk UMKM Semarang dari pandemi COVID-19.

Ia mengatakan pada kegiatan tersebut Tokopedia bekerja sama dengan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Kementerian Koperasi dan UKM RI, TNI, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, KADIN Jateng, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Undip, dan Undip. 

"Dalam hal ini kami menghadirkan sentra vaksinasi khusus UMKM di Semarang. Kolaborasi ini untuk mendukung penanganan pandemi sekaligus pemulihan ekonomi," katanya.

Menurut dia, upaya tersebut penting mengingat UMKM merupakan penyokong 60 persen produk domestik bruto (PDB) Indonesia sehingga dipercaya dapat mendorong pemulihan ekonomi dalam negeri.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan kehadiran sentra vaksin tersebut diharapkan dapat membantu merealisasikan target imunitas kelompok sampai dengan 70 persen hingga akhir tahun ini. 

"Upaya ini juga untuk mempercepat program vaksinasi nasional bagi masyarakat luas, termasuk UMKM Semarang sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah berharap bisa melakukan vaksinasi kepada lebih banyak masyarakat, baik kelompok UMKM, tenaga kerja industri, karyawan maupun masyarakat umum di Jawa Tengah.

"Percepatan vaksinasi COVID-19 bersama Tokopedia dan mitra strategis lainnya adalah kunci dalam menghadapi pandemi ini," katanya.***1***

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024