Wonosobo (ANTARA) - Kodim 0707/Wonosobo menanamkan rasa cinta Tanah Air kepada calon pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sains Al Quran (Unsiq) pada latihan Dasar Kepemimpinan secara tatap muka dan virtual di Kampus Unsiq.

Danramil 03/Mojotengah, Kodim 0707/Wonosobo, Kapten Czi Sarwiyono dalam keterangan tertulis di Wonosobo, Senin, menyampaikan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air sangat penting untuk diketahui oleh semua warga negara khususnya generasi muda.

"Mereka calon penerus bangsa yang akan menggantikan para pemimpin saat ini," katanya.

Ia menuturkan dengan memiliki rasa cinta tanah air diharapkan nantinya mereka menjadi pemimpin yang bisa mengantarkan bangsa ini menjadi bangsa yang jaya.

Baca juga: Mahasiswa Unsiq ingatkan bahaya HIV/AIDS di tengah pandemi

Sarwiyono mengatakan wawasan kebangsaan harus dipahami sejak dini untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta tanah air serta mengetahui dasar negara Indonesia yaitu Pancasila.

"Kami memotivasi generasi muda dimulai dari para mahsiswa ini untuk belajar pengetahuan tentang Pancasila, bagaimana hidup berbhinneka tunggal ika dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila," katanya.

Menurut dia kegiatan ini dilakukan untuk membentengi para generasi muda dari pengaruh negatif informasi yang tidak benar yang bertujuan untuk memecah belah persatuan.

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia ada 4 pilar yang perlu diketahui bersama, yakni Pancasila, UUD Negara RI 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pola kehidupan seperti ini perlu terus disosialisasikan kepada generasi muda, karena sampai saat ini mereka dalam bersikap dan bertindak banyak yang masih belum mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila.

Ia berharap dengan pemberian materi wawasan kebangsaan kepada calon pengurus BEM sebagai calon generasi penerus bangsa ini, mampu menciptakan generasi muda yang tangguh dan setia untuk mempertahankan NKRI.

Baca juga: Siswa Solo bikin film tentang cinta Tanah Air
Baca juga: Antologi Puisi "Tanah Air Cinta" Diluncurkan
Baca juga: TNI tanamkan rasa cinta tanah air sejak dini

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024