Pekalongan (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekalongan, Jawa Tengah, menyediakan layanan penyambungan sementara kepada masyarakat yang membutuhkan pasokan listrik di atas kapasitas daya di rumahnya.

Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Pekalongan Muhammad Khadafi di Pekalongan, Jumat, mengatakan layanan itu dapat digunakan atas permintaan pelanggan dan bersifat tidak berkelanjutan.

"Penyambungan sementara atau yang sering dikenal masyarakat sebagai 'loss stroom" ini adalah jawaban PLN, untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat dengan daya besar yang bersifat tidak permanen," katanya.

Baca juga: PLN dukung keandalan kelistrikan RS rujukan COVID-19 dan produsen oksigen

Khadafi mengatakan permintaan penyambungan sementara dapat disampaikan pelanggan dengan cara datang langsung ke kantor PLN terdekat dengan membawa beberapa persyaratan seperti fotokopi KTP, kartu pelanggan, dan menyiapkan biaya pemasangannya.

"Terkait cara pembayaran, PLN pun sudah memberi kemudahan kepada pelanggan dengan melalui anjungan tunai mandiri (ATM) terdekat," katanya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, PLN juga akan memberikan layanan secara daring bagi pelanggan seperti layanan sambungan baru dan tambah daya dan penyambungan sementara.

Masyarakat bisa mengunjungi laman www.pln.co.id, klik bagian penyambungan sementara, kemudian isi formulir permohonan sambungan sementara dan setelah memproses permohonan, pelanggan akan mendapatkan email berisi kode konfirmasi.

Selanjutnya, masukan kode konfirmasi tersebut ke laman website PLN Online, kemudian pelanggan akan menerima email yang berisi surat izin penyambungan (SIP) berisikan nomor agenda dan nomor registrasi.

Ia mengatakan melalui nomor registrasi tersebut, pelanggan dapat melakukan pembayaran di ATM atau bank terdekat.

"Jika pembayaran sukses maka pelanggan akan menandatangani surat jual beli tenaga listrik (SJBTL). Petugas akan memasang meteran listrik setelah menerima perintah kerja dan berita acara," katanya.

Baca juga: PLN optimalkan pembelian energi hasil PLT Sampah Surakarta
Baca juga: PLN apresiasi Ditjen Minerba dan 48 pemasok batu bara penjaga keandalan listrik


 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024