Cilacap (ANTARA) - Pertamina Refinery Unit Wilayah Cilacap menyumbangkan sarana perpustakaan digital kepada Pondok Pesantren Syafa'atul Quran di Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, guna meningkatkan literasi para santri.

Bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Area Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina Refinery Unit IV Cilacap Hatim Ilwan kepada Pimpinan Ponpes Syafaatul Quran KH Rahmatullah di aula asrama putra, Jumat (28/5), antara lain berupa perangkat proyektor lengkap dengan layar dan stabilizer serta dua unit komputer.

Penyerahan bantuan itu juga disaksikan oleh perwakilan PT Balai Pustaka (Persero) selaku penyedia perangkat peladen (server) perpustakaan digital.

Dalam kesempatan itu, Area Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina RU IV Cilacap Hatim Ilwan mengatakan bantuan tersebut sebagai wujud konsistensi Pertamina dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang pendidikan. 

Pihaknya menggandeng Balai Pustaka sebagai partner penyedia konten E-book yang ditampilkan dengan platform khusus luring bernama EduBP. 

"Zaman sudah berubah. Semoga dengan teknologi digital ini justru semakin mendukung proses belajar para santri maupun pengasuh," ujarnya.

Baca juga: Mitra binaan Pertamina Cilacap "Getuk Nylekitho" setia menjaga warisan rasa

Sebelum bantuan tersebut, kata dia, Pertamina Cilacap juga membantu pembangunan aula asrama putri di Ponpes Syafa'atul Quran pada tahun 2018. 

"Ini sebagai wujud kolaborasi perusahaan dengan berbagai lapisan masyarakat, termasuk kalangan ponpes. Semoga ke depan Pertamina semakin banyak berkontribusi bagi pemberdayaan masyarakat sekitar," kata Hatim.

Terkait dengan bantuan tersebut, Pimpinan Ponpes Syafaatul Quran KH Rahmatullah menyambut antusias dan menyebutnya sebagai sarana pengetahuan para santri.

"Dengan wawasan dan pengetahuan yang luas, kami berharap para santri dapat mengambil peran bagi kemajuan bangsa. Insya Allah secara bergiliran para santri dapat menggunakan fasilitas pustaka digital ini," katanya.

Sementara itu, perwakilan PT Balai Pustaka (Persero) Jimmy Faridhon mengatakan pihaknya lebih dulu melakukan sosialisasi, pendampingan, dan pelatihan sistem maupun administrasi penggunaan EduBP. 

Saat ini, kata dia, para santri sudah memahami teknis penggunaan pustaka digital. "Kami juga menyiapkan spanduk materi edukatif sebagai informasi petunjuk mengakses berbagai sumber literatur perpustakaan digital. Semoga bermanfaat dan berkah untuk kita semua," katanya.

Baca juga: Dua program unggulan Pertamina Cilacap jadi nomine dalam lomba DME 2021
Baca juga: Kilang Cilacap rambah pasar gas alam cair untuk Jateng

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024