Temanggung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengajukan bantuan perbaikan delapan rumah korban kebakaran di Dusun Kalitengah, Desa Bonjor, Tretep yang terjadi pada Senin (24/5) malam ke BPBD Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei di Temanggung, Selasa, mengatakan hari ini pihaknya mengirimkan surat pengajuan bantuan untuk perbaikan delapan rumah korban kebakaran tersebut.

"Semalam kami langsung mengirimkan logistik ke lokasi kebakaran dan untuk bantuan perbaikan rumah kami usulkan ke BPBD Provinsi Jateng," katanya.

Ia menyampaikan hari ini tim BPBD Provinsi Jateng melakukan peninjauan ke lokasi kebakaran.

Kebakaran delapan rumah yang terjadi di Dusun Kalitengah, Desa Bonjor, Kecamatan Tretep semalam baru dapat dipadamkan pada Selasa, sekitar pukul 00.30 WIB.

Tim Damkar Kabupaten Temanggung menerjunkan 30 personel dengan didukung tujuh armada, dua armada dari Pos Jaga Candiroto, empat armada dari Mako Temanggung dan satu unit dari Pos Jaga Pringsurat serta satu unit bantuan dari Pemadam Sukorejo Kabupaten Kendal untuk melakukan pemadaman bekerja sama dengan instansi terkait.

Kebakaran tersebut telah menghanguskan satu mushalla dan delapan rumah milik Romjani (60), Aspuri (35), Sugeng (55), Supiah (39), Kholidun (34), Sugiyono (60), Munawar (55), dan Rofiun (40), dengan kerugian sekitar Rp750 juta.

Awal mula kebakaran, sumber api dari salah satu rumah warga yang kebetulan ditinggal penghuninya. Oleh karena angin yang kencang membuat api cepat menjalar dan menghanguskan sejumlah rumah warga serta mushalla. 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024