Magelang (ANTARA) - Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengatakan kenaikan pangkat bagi pegawai negeri sipil selain menjadi kebahagiaan penerimanya juga cambuk jajaran aparatur pemerintahan meningkatkan diri dalam menjalankan tugasnya.

"Kenaikan pangkat adalah kebahagiaan bagi yang menerima dan cambuk bagi kita semua untuk selalu meningkatkan diri. Hari ini harus lebih baik dari kemarin, besok harus lebih baik dari hari ini," katanya dalam rilis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Magelang diterima di Magelang, Selasa.

Sebanyak 83 PNS Pemerintah Kota Magelang menerima surat keputusan (SK) kenaikan pangkat yang diserahkan Wali Kota Muchamad Nur Aziz pada apel di halaman belakang kantor pemkot setempat, Senin (24/5).

Ia menjelaskan kenaikan pangkat adalah penghargaan dari pemerintah kepada para PNS atas prestasi kerja dan pengabdiannya. 

Penyerahan SK kenaikan pangkat kali ini sebagai adalah gelombang kedua, meliputi golongan IV sebanyak 14 orang dan golongan III sebanyak 69 orang. Masih ada 12 PNS yang diusulkan kenaikan pangkat tetapi belum disetujui karena syarat belum lengkap, atau belum ada SK kenaikan jabatan. Diharapkan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) segera menyelesaikannya agar mereka segera naik pangkat.

"Periode selanjutnya diharapkan kelengkapan kenaikan pangkat, khususnya penilaian kerja, angka kredit, maupun SK kenaikan jabatan agar sudah dipenuhi dengan tepat," katanya.

Ia menjelaskan dengan kenaikan pangkat dan tunjangan kinerja pada 2021 maka sudah seharusnya PNS mengimbanginya dengan peningkatan kerja dan disiplin, serta mampu bekerja sesuai jabatan dan beradaptasi dengan iklim kerja baru di era digitalisasi.

"Yang menerima kenaikan pangkat semakin semangat, jangan malah menurun. Kita harus kerja keras, sebab ada pandemi COVID-19 semua komponen negara ini harus bekerja keras, inovasi, kreativitas, semangat pengabdian harus meningkat," katanya.

Dia mengatakan PNS harus turut andil dalam kemajuan Kota Magelang. PNS seyogyanya bersinergi dengan komponen masyarakat lainnya dan menjadi pelopor kebaikan.

Menurut dia, PNS selalu menjadi sorotan masyarakat sehingga mereka harus menunjukkan kinerja, kedisiplinan. Semua harus bergerak serta melayani masyarakat.

"Kota Magelang harus maju, Kota Magelang sudah hebat, ke depan harus lebih hebat lagi. Kota Magelang harus jadi kota tujuan semua orang. Dimulai dari kita, harus menyatu dengan masyarakat, dan komponen masyarakat lain," katanya.  

Selain itu, katanya, kekuatan rohani harus ditingkatkan mengingat era sekarang yang begitu kompleks. 

Ia menyatakan optimistis Kota Magelang tumbuh dengan bagus dengan harapan pada 2023 terlihat apa yang dikerjakan saat ini.

"Kita harus melakukan perubahan, perlahan tapi pasti," katanya.

 

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024