Temanggung, Jateng (ANTARA) - Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung, Jawa Tengah, menggelar Bazar Ramadhan dengan menjual produk-produk hasil karya disabilitas.

Kepala Balai Besar Disabilitas Kartini Temanggung Juena Sitepu di Temanggung, Senin, mengatakan dalam penyelenggaraan bazar ini juga menjual paket sembako murah dan juga memberikan paket sembako kepada warga miskin.

"Penyelenggaraan bazar ini selain ingin memberikan bukti kehadiran Balai Besar Kartini Temanggung di tengah-tengah masyarakat, kami juga sekaligus ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa saat ini kami mempunyai sentra kreasi atensi (SKA) yang bisa dimanfaatkan masyarakat, baik untuk menjual produknya maupun masyarakat yang ingin mendapatkan layanan di Balai Besar Kartini Temanggung," katanya.

Selain itu, pihaknya juga ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa saat ini Balai Besar Kartini tidak hanya menangani disabilitas saja, tetapi juga memberikan layanan kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan layanan.

Ia menyampaikan bazar ini untuk membantu meringankan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga: Mensos Risma resmikan Sentra Kreasi Atensi disabilitas di Temanggung

"Kami mengadakan bazar pasar murah, tadi kami juga memberikan paket sembako kepada masyarakat yang memang membutuhkan, kami juga menjual produk-produk yang murah yang bisa dijangkau oleh masyarakat," katanya.

Ia menuturkan bazar ini juga menjual hasil karya penyandang masalah kesejahteraan sosial seperti produk makanan ringan, kemudian karya disabilitas seperti batik ciprat dan tanaman hias.

"Produk-produk masyarakat yang selama ini kurang atau tidak mempunyai modal besar untuk buka usaha, kami berusaha untuk menjualkan barang-barang tersebut di sini," katanya.

Ia menyebutkan untuk paket sembako murah berisi 5 kilogram beras, gula pasir, dan minyak goreng pihaknya menyiapkan sekitar 100 paket masing-masing senilai Rp75 ribu, tetapi dijual dengan harga Rp50 ribu.

"Kami juga menyiapkan 40 paket sembako untuk masyarakat tidak mampu yang tinggal di sekitar Balai Besar Kartini Temanggung," katanya.

Dalam bazar ini juga menyelenggarakan potong rambut gratis bagi masyarakat dan juga cek gula darah gratis.

Baca juga: Layanan keliling Balai Rehabilitasi Sosial Kartini Temanggung sasar empat kecamatan
Baca juga: Penyandang disabilitas di Temanggung dilatih membuat kue

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024