Semarang (ANTARA) -
Junior Chamber International (JCI) Chapter Jawa Tengah menggelar acara nonton bareng film dokumenter berjudul Pulau Plastik di XXI Paragon Mall Semarang guna memupuk kepedulian terhadap lingkungan bagi anggotanya, maupun masyarakat luas.

Local President JCI Jawa Tengah Wisanggeni Damar mengatakan bahwa film garapan Dandhy Laksono ini memberikan edukasi yang baik mengenai sampah dan berbagai persoalan lingkungan.

"Film ini menarik, mengungkap fakta-fakta mengejutkan. Salah satunya adalah bagaimana plastik bukan hanya masalah lingkungan tetapi juga masalah kesehatan pribadi," katanya di Semarang, Rabu (28/4).

Dirinya berharap melalui film ini bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari.
 
Kepala Seksi Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah Agung Tri Harnadi mengakui jika sampah plastik memang memiliki banyak dampak negatif bagi lingkungan.

Menurut dia, perlu kerja sama dari berbagai pihak untuk menyosialisasikan persoalan terkait sampah plastik ke masyarakat.

"Mari kita bersama mulai dari pemerintah hingga ke komunitas-komunitas masyarakat untuk bisa sosialisasi mengenai masalah sampah. Kami harap setelah nonton film ini bisa melakukan aksi nyata mulai yang paling sederhana," ujarnya.

Acara "nobar" JCI Chapter Jateng yang dilaksanakan pada Selasa (27/4) malam itu tetap menerapkan protokol kesehatan karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024