Pekalongan (ANTARA) - Sebanyak 14 sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, siap mengikuti uji coba pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) tahap kedua.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto di Pekalongan, Jumat, mengatakan bahwa uji coba pembelajaran tatap muka tahap kedua akan dilaksanakan dari 26 April hingga 7 Mei 2021.

"Pada tahap pertama, kegiatan PTM hanya dilakukan di SMP Negeri 3. Namun, karena kegiatan PTM dinilai aman dan mematuhi protokol kesehatan maka kami akan menambah 14 SMP untuk melakukan uji coba PTM tahap dua," katanya.

Baca juga: Kudus perluas simulasi pembelajaran tatap muka tingkat SMP

"Uji coba pembelajaran tatap muka tahap pertama sudah dilakukan evaluasi secara daring bersama Pemprov Jateng pada 19-23 April 2021. Oleh karena, kami berharap perluasan kegiatan PTM tahap dua dapat berjalan lancar dan aman," ia menambahkan.

Didampingi Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Pekalongan Slamet Mulyadi, ia menjelaskan bahwa tidak ada siswa maupun guru yang dilaporkan tertular COVID-19 menurut hasil evaluasi uji coba pembelajaran tatap muka tahap pertama.

Ia mengatakan bahwa dari 16 SMP yang ada di Pekalongan hanya dua yang belum diizinkan menyelenggarakan uji coba pembelajaran tatap muka karena dinilai belum memenuhi syarat.

Slamet menyebutkan, sekolah yang akan menyelenggarakan uji coba PTM semua guru dan kepala sekolahnya harus sudah menjalani vaksinasi, warga sekolahnya tidak ada yang tertular COVID-19, memiliki sarana dan prasarana pendukung penerapan protokol kesehatan, dan mengantongi izin dari wali murid.

Dalam uji coba pembelajaran tatap muka tahap dua, menurut dia, peserta kegiatan belajar maksimum 50 persen dari kapasitas ruang kelas dan dalam sehari kegiatan belajar mencakup empat mata pelajaran dengan durasi 30 menit per mata pelajaran tanpa waktu istirahat.

"Estimasi pembelajaran berarti sekitar dua jam tanpa istirahat. Jadi pembelajaran tetap kombinasi, yaitu daring dan luring," katanya.

Baca juga: Pelaksanaan uji coba PTM di Jateng berjalan baik dengan catatan
Baca juga: 28 SMP di Kabupaten Kudus gelar ujian tatap muka

Pewarta : Kutnadi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024