Semarang (ANTARA) -
Dalam rangka memeringati Hari Kartini sekaligus menggaungkan Gerakan Sejuta Takjil Untuk Indonesia dengan tema "Bhakti Kartini Pada Negeri", Perempuan Bangsa Jawa Tengah membagikan takjil kepada masyarakat.

"Khusus hari ini, kita bagikan 25.150 paket takjil, berupa nasi beserta lauk dan minumnya untuk berbuka puasa," kata Ketua DPW Perempuan Bangsa Jawa Tengah Nur Saadah saat peluncuran gerakan bagian dari Aksi Melayani Indonesia yang dicanangkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Semarang, Rabu (21/4).

DPW Perempuan Bangsa Jateng membagikan takjil ini di sejumlah titik antara lain, di jalur depan kantor DPW PKB Jateng, kawasan Tugu Muda, dan kawasan Jalan Ahmad Yani.

Takjil juga dibagikan di empat panti asuhan di Kota Semarang, serta masyarakat di sekitar kantor DPW PKB Jawa Tengah.

Untuk hari berikutnya, kata dia, pihaknya sudah siap sebanyak 16.500 paket takjil dan setelah itu, kader-kader Perempuan Bangsa juga akan terus bergerak untuk berbagi pada bulan Ramadhan ini.

"Memang sengaja diawali saat peringatan Hari Kartini dengan tema Bhakti Kartini Untuk Negeri. Ini juga sekaligus bagian kita untuk memeringati Hari Kartini maupun mengisi bulan Ramadhan ini dengan berbagai kebaikan-kebaikan," ujar perempuan yang akrab disapa Ida NS ini.

Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH Yusuf Chudlori mengatakan R.A Kartini merupakan sosok santri yang tidak tinggal diam melihat ketertindasan.

"Kami berharap akan lahir kartini-kartini dari kader-kader PKB yang terus menyuarakan agar perempuan bisa maju, dan terus mengabdi kepada negara," katanya saat ikut hadir dalam peluncuran kegiatan Perempuan Bangsa Jateng.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Perempuan Bangsa Siti Mukaromah menambahkan gerakan ini berlangsung dari 21-30 April 2021.

"Kegiatan ini merupakan bentuk dari kehadiran kader-kader perempuan PKB di tengah masyarakat yang membutuhkan pada masa pandemi sekaligus Bulan Suci Ramadhan," ujarnya.

Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024