Purbalingga (ANTARA) - Kepolisian Resor Purbalingga, Jawa Tengah akan mengintensifkan kegiatan patroli menjelang perayaan Paskah 4 April 2021 guna memberikan rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat.

"Kegiatan patroli akan diintensifkan," kata Kapolres Purbalingga AKBP Fannky Ani Sugiharto di Purbalingga, Selasa.

Dia mengatakan akan ada sekitar 500 personel yang disiapkan untuk kegiatan pengamanan, termasuk di tiga gereja besar yang ada di wilayah Kota Purbalingga pada perayaan Paskah.

"Kegiatan patroli dan pengamanan dilakukan secara kontinyu dengan melibatkan sekitar 500 personel yang akan bertugas di sejumlah lokasi keramaian khususnya di tiga gereja besar yang ada di Purbalingga," katanya.

Baca juga: Bandara Adi Soemarmo Solo tingkatkan pengamanan pascabom Makassar

Dia menambahkan bahwa pihaknya telah bersinergi bersama sejumlah tokoh agama yang ada di wilayah setempat dalam rangka kolaborasi mewujudkan kondusifitas wilayah.

"Kami telah berkumpul bersama untuk sinergi dan saling bergandengan tangan dalam upaya mencegah intoleransi dan radikalisme," katanya.

Kapolres juga mengajak seluruh masyarakat di wilayah Purbalingga untuk ikut berperan aktif menjaga mencegah dan menentang aksi radikalisme.

"Mari bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban wilayah di lingkungan masing-masing," katanya.

Sebelumnya, Bupati Purbalingga, Jawa Tengah Dyah Hayuning Pratiwi juga mengajak seluruh warga di wilayah setempat saling menjaga kebhinnekaan dan menjaga toleransi antarumat beragama.

Baca juga: Polres Kudus tingkatkan pengamanan gereja

Terlebih lagi, kata dia, dalam waktu dekat umat kristiani akan menyelenggarakan ibadah Paskah.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan suasana agar tetap kondusif," katanya.

Bupati mengatakan jajaran Pemkab Purbalingga bersama TNI, Polri, tokoh agama dan perwakilan masyarakat Purbalingga telah menggelar rapat koordinasi penguatan toleransi antiradikalisme dan terorisme.

Bupati juga mengatakan pihaknya bersama jajaran Forkopimda akan melakukan pengecekan ke sejumlah gereja menjelang perayaan Paskah. Pihaknya berharap umat kristiani nantinya bisa menjalankan ibadah Paskah dengan aman dan lancar.

Selain itu, kata bupati, pihak kepolisian juga akan mengintensifkan kegiatan patroli di berbagai pusat keramaian termasuk juga di tempat-tempat ibadah.
"Tujuannya adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat," katanya.

Baca juga: Uskup Semarang sampaikan "bela keprihatinan" atas bom Makassar

 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024