Banjarnegara (ANTARA) - Kepolisian Resor Banjarnegara, Jawa Tengah, mendirikan Pos Lantas Tangguh yang akan mendukung kegiatan operasi yustisi dalam rangka meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Pos Lantas Tangguh didirikan untuk mendukung giat operasi yustisi dan sekaligus bakti sosial," kata Kasatlantas AKP Erwin Chan Siregar di Banjarnegara, Jumat.

Pos tersebut didirikan di tiga lokasi yakni di Purwareja Klampok, Bawang dan juga di perempatan kantor Polres Banjarnegara.

Ia menjelaskan bahwa di pos tersebut ada petugas gabungan dari Kodim 0704 Banjarnegara, Satpol PP, Dishub Banjarnegara dan Sarsipol yang akan melakukan kegiatan operasi yustisi.

"Kami akan mengintensifkan operasi yustisi hingga ke desa-desa, selain menegakkan aturan protokol kesehatan, petugas juga akan membagikan masker, minuman kesehatan seperti jamu dan juga sosialisasi mengenai COVID-19," katanya.

Pihaknya akan mengajak masyarakat untuk terus disiplin menerapkan aturan protokol kesehatan dengan cara yang humanis.

Baca juga: Presiden: Penegakan hukum jangan timbulkan ketakutan

"Pada akhirnya kami berharap pos ini dapat meningkatkan kedisiplinan masyarakat dan mencegah pelanggaran protokol kesehatan guna mengantisipasi terjadinya penyebaran COVID-19," katanya.

Dengan adanya kegiatan operasi yustisi secara rutin, dia berharap masyarakat akan makin sadar pentingnya memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta tidak melanggar aturan protokol kesehatan.

"Agar tidak melanggar aturan protokol kesehatan dan terhindar dari risiko COVID-19 maka masyarakat harus disiplin memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi," katanya.

Dia berharap setiap upaya yang dilakukan akan mampu membantu mempercepat upaya penanganan COVID-19 di wilayah ini.

"Kita berharap setiap ikhtiar yang dilakukan akan mampu memutus rantai penyebaran COVID-19 dan mengantarkan masyarakat Banjarnegara menuju hasil yang baik sesuai dengan harapan," katanya.

Baca juga: Kapolda Jateng apresiasi penanganan COVID-19 di Banyumas

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024