Solo (ANTARA) - Salah satu kendaraan premium BMW melirik Kota Solo dan sekitarnya sebagai pasar potensial di Jawa Tengah menyusul kontribusinya yang cukup tinggi terhadap total penjualan di provinsi tersebut.

"Sejauh ini untuk penjualan BMW, Solo berkontribusi 30 persen dari pasar BMW di Jawa Tengah. Memang 'market di Solo cukup menjanjikan," kata Kepala Cabang BMW Astra Semarang Heru Purwanto pada peluncuran New BMW X1 di Mal The Park Solobaru, Jumat.

Sedangkan secara umum, dikatakannya, Jawa Tengah memberikan kontribusi sebesar 10 persen terhadap penjualan BMW secara nasional. Bahkan, pihaknya optimistis dengan kehadiran New BMW X1 penjualan bisa tumbuh sekitar 5-10 persen.

Meski enggan menyebutkan angka pasti, diakuinya, kondisi pandemi COVID-19 berpengaruh terhadap penjualan di tahun lalu. Oleh karena itu, pihaknya juga menyesuaikan untuk target penjualan pada tahun ini.

"Jika dilihat tren penjualan kami di akhir tahun 2020 yang mulai membaik, kami optimistis di 2021 juga akan baik. Terlebih dengan hadirnya produk baru akan makin memberikan banyak pilihan kepada pelanggan," katanya.

Ia mengatakan optimisme tersebut mengingat selama ini BMW X1 dan BMW Seri 3 merupakan model paling diminati oleh para pelanggan. Bahkan, pihaknya mencatat secara keseluruhan kedua model ini berkontribusi terhadap 40 persen penjualan BMW.

Sementara itu, dikatakannya, yang menarik dari BMW X1 generasi kedua ini lebih menonjolkan kesan "sporty', salah satunya terlihat dari paduan warna yang dipilih. Kondisi ini sesuai dengan karakter jalan di Jawa Tengah yang banyak terdiri dari turunan dan tanjakan, serta jalan berliku.

Beberapa spesifikasi kendaraan ini di antaranya kapasitas mesin sebesar 1.499 CC, kecepatan maksimum mencapai 201 km/jam, dan mesin bensin tiga silinder 1,5 liter yang terhubung dengan BMW "twin power turbo".

Dengan harga Rp765 juta "on the road", pihaknya menyasar beberapa segmen di antaranya pengusaha muda, eksekutif muda, hingga ibu rumah tangga.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024