Semarang (ANTARA) - BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda membagikan satu paket alat pelindung diri yang berisi sejumlah masker, hand sanitizer, dan disinfectant spray, serta spanduk K3 kepada dua perwakilan perusahaan di Semarang, Selasa.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda Teguh Wiyono menjelaskan kegiatan yang diniatkan untuk silaturahmi ke perusahaan tersebut merupakan salah satu rangkaian peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

"Kunjungan ini bagian dari memperingati Bulan K3 dengan memberikan APD kepada HRD perusahaan karena merekalah yang berhadapan langsung dengan pekerja. Harapannya dapat dimanfaatkan di masa pandemi seperti ini," kata Teguh.

Teguh menegaskan di Bulan K3, BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda memberikan perhatian kepada para pekerja di antaranya dengan memastikan perusahaan menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja.

Di dua perusahaan yang dikunjungi BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda yakni PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) dan PT Pacific Furniture tersebut, Teguh juga kembali mengingatkan mudahnya mengakses BPJSTKU.

Baca juga: BPJAMSOSTEK pastikan pekerja mendapatkan hak dan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan

Hal tersebut dibenarkan Manager HRD Pacific Furniture Anna Listiani yang mengakui dengan BPJSTKU peserta bisa dengan mudah mengecek saldo hingga pengajuan klaim menjadi lebih efektif.

"Seluruh karyawan Pacific Furniture sebanyak 415 pekerja telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Semua program kami ikut yakni Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, dan Jaminan Pensiun," kata Anna.

Anna menegaskan perusahaannya sangat mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja, apalagi risiko pekerjaannya sangat tinggi seperti adanya paparan debu hingga paparan bahan kimia.

"Setiap hari kami ada safety patrol dan setiap bulan juga ada meeting tim P2K3 untuk perbaikan, karena bagi kami keselamatan paling utama," kata Anna.

Pada kunjungan tim BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda di perusahaan yang bergerak di bidang furniture dengan pasar ekspor tersebut, selain Anna, tim juga diterima oleh Direktur Operasional Pacific Furniture Mareciel C. Perez.

Baca juga: Pengendalian gratifikasi BPJAMSOSTEK kembali terima penghargaan KPK


Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024