Solo (ANTARA) - Anggota Polres Kota Surakarta melaksanakan sosialisasi sambil membagikan ribuan masker kepada pengunjung dan pedagang di Pasar Gede Solo, Senin, dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19.

Pembagian masker gratis guna mencegah penyebaran COVID-19, terutama di pasar-pasar tradisional di Kota Solo tersebut diinisiasi oleh Kepala Polresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

Kegiatan sosialisasi dan pembagian masker di Pasar Gede Solo, dipimpin oleh Kasat Binmas Polresta Surakarta Kompol Febriani Aer, didampingi oleh Lurah Pasar Gede, anggota Babinsa, dan Bhabinkamtibmas, Kelurahan Sudiroprajan Kecamatan Jebres.

Menurut Kasat Binmas Polresta Surakarta, Kompol Febriani Aer, pihaknya jajaran Polresta Surakarta membagikan masker gratis kepada para pedagang dan pengunjung di Pasar Gede Solo, sebagia upaya pencegahan penyebaran COVID-19 khususnya di lingkungan pasar tradisional.

Baca juga: Polres dan Pemkab Batang bagikan 1.500 masker kepada pedagang pasar

Hal ini, kata Febriani merupakan salah satu langkah preventif kepolisian dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah hukum Polresta Surakarta.

Jumlah masker yang dibagikan kepada masyarakat mencapai sebanyak 1.200 masker, sedangkan, lima Polsek di Solo masing-masing dibagikan 500 masker, sehingga totalnya 3700 masker. Kegiatan ini, bagian dalam sosialisasi gerakan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak mengatakan bahwa pembagian masker ini merupakan program untuk memutus mata rantai COVID-19

"Kami dari kepolisian, TNI, dan unsur Pemerintah Kota Surakarta bersinergi menggugah kesadaran masyarakat agar mematuhi prokes. Salah satunya menggunakan masker saat beraktivitas khususnya di luar rumah," katanya.

Selain pembagian masker secara gratis di pasar-pasar tradisional di Kota Surakarta, baik kepada masyarakat pengunjung maupun pedagang, juga dilakukan imbauan terhadap kepatuhan menjalankan prokes COVID-19 dengan berkeliling di area pasar tradisional oleh petugas gabungan TNI/Polri dengan menggunakan megafon. 

Baca juga: BPBD Boyolali kirim 12.000 masker ke daerah hujan abu Merapi
 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024