Banjarnegara, Jateng (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa sebagian wilayah di Kabupaten Banjarnegara telah memasuki puncak musim hujan pada bulan Januari 2021.

"Sebagian sudah mulai memasuki puncak musim hujan, sebagian lagi diprakirakan pada bulan Februari 2021," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Minggu.

Dia menambahkan kondisi serupa juga terjadi di kabupaten lain di sekitarnya seperti Banyumas, Kebumen dan Purbalingga.

Ia mengatakan pada saat ini intensitas curah hujan di wilayah setempat terus mengalami peningkatan sehingga pihaknya menggencarkan penyebarluasan informasi kondisi cuaca terkini.

"Tujuannya agar masyarakat mengetahui kondisi cuaca terkini dan berperan aktif dalam upaya mitigasi bencana terlebih lagi beberapa waktu belakangan telah terjadi beberapa kejadian bencana longsor di Banjarnegara," katanya.

Dia mengatakan pada puncak musim penghujan potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor juga ikut mengalami peningkatan.

"Karena itu masyarakat perlu meningkatkan kesiapsiagaan terutama bagi mereka yang tinggal di lokasi rawan bencana banjir dan longsor," katanya.

Pihaknya meminta masyarakat yang tinggal di area perbukitan atau lereng juga yang tinggal di area daerah aliran sungai untuk meningkatkan kehati-hatian.

"Tingkatkan budaya sadar bencana, jangan panik namun perlu tetap waspada, karena kewaspadaan masyarakat sangat diperlukan," katanya.

BMKG Banjarnegara, kata dia, terus meningkatkan sosialisasi mengenai risiko peningkatan intensitas hujan kepada masyarakat dan instansi terkait lainnya.

"Tujuannya agar masyarakat meningkatkan kewaspadaannya khususnya di periode puncak musim penghujan, ambil langkah mitigasi yang diperlukan khususnya di daerah rawan longsor," katanya.

Dia juga mengimbau agar masyarakat terus berkoordinasi dengan instansi terkait apabila menemukan tanda-tanda awal bencana seperti rekahan tanah, air yang mendadak keruh dan lainnya.

"Kami juga mengimbau agar masyarakat tidak mudah terpancing dengan berita yang belum jelas kebenarannya, jika membutuhkan informasi terpercaya terkait puncak musim hujan maka bisa menghubungi kantor BMKG terdekat atau pantau laman resmi BMKG melalui sosial media," demikian Setyoajie Prayoedhie.

Baca juga: Bupati Banjarnegara ajak petani kembangkan mina padi
Baca juga: Bupati Banjarnegara minta masyarakat patuhi aturan PPKM jilid dua

 


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024