Purwokerto (ANTARA) - Sebanyak 19 jurna yang dipublikasikan oleh civitas academica Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, telah meraih status akreditasi Science and Technology Index (SINTA).

"Alhamdulillah UMP sudah memiliki 19 jurnal yang terakreditasi SINTA," kata Ketua Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP) UMP Dr apt Pri Iswati Utami SSi MSi di Purwokerto, Rabu.

Ia mengatakan 19 jurnal tersebut terdiri atas dua jurnal yang telah terakreditasi SINTA 2, yakni JUITA: Jurnal Informatika dan Medisains. 

Selain itu, lima jurnal yang terakreditasi SINTA 3 di antaranya JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), PHARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia, Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, Kosmik Hukum, dan Dinamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Sementara untuk SINTA 4 ada tujuh jurnal, yakni JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), Techno, Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi, Psycho Idea, Agritech: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, Leksika, dan Jurnal Hukum Ekonomi Syariah.

Baca juga: Hari Diabetes, CIMSA gelar TADICA

Sedangkan yang terakreditasi SINTA 5 ada JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), Alphamath: Journal of Mathematics Education, Media Ekonomi, Herb Medicine Journal, dan satu jurnal yang terakreditasi SINTA 6, yakni Khazanah Pendidikan. 

Lebih lanjut, Iswati mengatakan akreditasi tersebut merupakan bentuk penjaminan mutu jurnal-jurnal di Indonesia yang dilakukan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional RI yang bertujuan untuk menjadi tolak ukur kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Hasil penilaian akreditasi jurnal nasional yang dilakukan melalui laman ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) terbagi menjadi enam peringkat. Dalam proses akreditasi jurnal, unsur-unsur yang dinilai meliputi penamaan jurnal ilmiah, kelembagaan penerbit, penyuntingan dan manajemen jurnal, substansi artikel, gaya penulisan, penampilan, keberkalaan, dan penyebarluasan," katanya menjelaskan. 

Ia mengatakan akreditasi jurnal nasional tersebut mengikuti ketentuan pemerintah sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah. 

"Akreditasi ini sangat penting, terutama untuk pemeringkatan universitas karena jadi salah satu indikator penilaian. Akreditasi SINTA ini dapat pula menarik perhatian penulis untuk ikut berkontribusi dalam jurnal-jurnal yang ada di UMP yang sudah terakreditasi," katanya. (tgr)

Baca juga: PPG UMP kembali catatkan prestasi baru di tingkat nasional
Baca juga: CIMSA UMP edukasi mahasiswa mengenai bahayanya HIV/AIDS

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024