Tegal (ANTARA) - Aksi Capat Tanggap Tegal, Jawa Tengah melalui program "Kapal Kemanusiaan" mengajak masyarakat melakukan peduli kemanusiaan pada korban gempa di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan 

Kepala Cabang ACT Tegal Siswartono di Tegal, Selasa, mengatakan saat ini para korban bencana sedang menantikan bantuan dari masyarakat.

"Oleh karena, kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu-membahu memberikan kepeduliannnya melalui gerakan 'Bergerak Bersama Selamatkan Bangsa'. Gerakan ini juga mengajak warga Tegal untuk bergabung dalam program 'Kapal Kemanusiaan' untuk masyarakat Sulawesi Barat-Kalimantan Selatan," katanya.

Menurut dia, program "Kapal Kemanusiaan" untuk saudara sebangsa terdampak bencana akan menjadi wujud dari kolaborasi besar kedermawanan masyarakat Indonesia. 

"Kapal Kemanusiaan" ini, kata dia, akan bertolak secara berkala dari tiga lokasi berbeda yaitu Jakarta, Sumatra, dan Surabaya.

"Sebagai bagian ikhtiar untuk 'Bergerak Bersama Selamatkan Bangsa', pada program 'Kapal Kemanusiaan' akan membawa 500 ton beras yang dikumpulkan melalui Lumbung Pangan Wakaf (LPW) Global Wakaf-ACT, dan 500 ton sisanya terdiri atas air minum wakaf, pangan, selimut, dan kebutuhan logistik para korban bencana," katanya.

Pada tahun sebelumnya, sebagai program unggulan ACT, "Kapal Kemanusiaan" pernah mengirimkan bantuan untuk warga terdampak gempa Lombok, bencana di Palu, Sigi, dan Donggala, musibah kelaparan di Papua, serta bantuan ke Palestina, Bangladesh, dan Rohingya.

"Kapal Kemanusiaan" untuk Sulawesi Barat, kata dia, diperkirakan berangkat dalam dua kloter yaitu pada 27 Januari 2021 dan 27 Februari 2021. 

"Oleh karena, selama kurun waktu tersebut, ACT mengajak masyarakat Indonesia, khususnya Tegal, untuk bersama-sama mendukung keberangkatan 'Kapal Kemanusiaan' ini," katanya.

Menurut dia, saat ini pengungsi membutuhkan bantuan logistik berupa makanan kemasan dan minuman, popok, makanan bayi, bahan pangan, obat-obatan, selimut, matras, serta masker.

Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan dan berpartisipasi dalam program "Kapal Kemanusiaan" Sulawesi Barat dan Kalimanta Selatan dapat melalui kantor ACT Tegal di Jalan Kolonel Sugiono Nomor 61 RT001/RW01, Kemandungan, Tegal Barat, Kota Tegal atau laman Indonesia Dermawan Sekitarnya Bersama Layarkan Kapal Kemanusiaan Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.
 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024