Purbalingga (ANTARA) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Purbalingga, Jawa Tengah, mencanangkan zona integritas atau wilayah bebas korupsi (WBK) dalam apel peneguhan komitmen bersama di halaman kejaksaan setempat, Senin.

"Pencanangan wilayah bebas korupsi ini adalah bagian dari pembuktian Kejari Purbalingga untuk terus melakukan tugas dengan integritas yang tinggi," kata Kepala Kejaksaan Negeri Purbalingga Lalu Syaifudin di Purbalingga, Senin.

Dia mengatakan apel peneguhan komitmen bersama tersebut diikuti oleh pimpinan, pejabat struktural hingga semua staf yang ada di institusi tersebut.

Baca juga: Polresta Surakarta canangkan zona integritas wilayah bebas korupsi

Dia menegaskan bahwa Kejari Purbalingga terus menjaga dan akan terus menjaga nilai integritas demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Dengan demikian pelayanan kepada masyarakat akan tetap mengedepankan azas bersih dari tindak korupsi, dan kegiatan pagi ini sekaligus juga sebagai penegasan bahwa Kejari Purbalingga selalu menjaga integritas dan bersih dari korupsi," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa dengan dicanangkannya WBK pada institusi Kejari Purbalingga maka diharapkan bisa mengubah pola pikir seluruh pegawai Kejari Purbalingga dan mengubah budaya kerja di lingkungan Kejari Purbalingga.

Akuntabilitas, tambah dia, juga menjadi prinsip yang harus dipegang sehingga masyarakat bisa terus memantau kinerja Kejari Purbalingga.

"Pola pikir serta budaya kerja harus berubah terutama pada akuntabilitas sehingga masyarakat bisa menilai baik kinerja kita," katanya.

Hal tersebut, menurut dia, berhubungan dengan legitimasi dari masyarakat karena ketika legitimasi dari masyarakat sudah didapat, maka hal tersebut adalah pengakuan dari masyarakat.

Selain itu juga berhubungan dengan legalitas yaitu pengakuan dari Kemenpan RB dan Kejaksaan Agung RI, yang juga harus didapat sebagai wujud pengakuan pimpinan atau negara terhadap Kejari Purbalingga.

"Legalitas dan legitimasi keduanya harus didapatkan sehingga ada pengakuan dari para pihak tersebut," katanya.

Baca juga: Separuh kejari di Jateng ditargetkan capai Wilayah Bebas Korupsi
Baca juga: Pemkot Pekalongan canangkan zona integritas bebas dari korupsi

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024