Magelang (ANTARA) - Air irigasi Legok di Desa Banyurojo, Mertoyudan, Kabupaten Magelang meluap mengakibatkan Jalan Sarwo Edhie Wibowo Magelang tergenang air setinggi 50 centimeter.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto di Magelang, Rabu, mengatakan curah hujan yang tinggi dan saluran irigasi yang tidak mampu menampung debit air mengakibatkan air meluap ke jalan raya.

"Luapan air mengakibatkan akses Jalan Sarwo Edhie Wibowo terhambat untuk kendaraan roda dua karena tergenang air dengan tinggi sekitar 50 centimeter," katanya.

Akibat genangan air di Jalan Raya Magelang-Purworejo yang juga perbatasan Kabupaten Magelang dan Kota Magelang tersebut, kendaraan yang melintasi jalan itu harus ekstra hati-hati karena arus cukup deras.

Luapan air irigasi tersebut juga mengakibatkan sebuah gerobak pedagang angkringan terbawa arus air.

Edy menyampaikan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi di wilayah Kecamatan Mertoyudan dan sekitarnya sejak Rabu siang menyebabkan saluran irigasi Kali Legok di Jalan Jenderal Sarwo Edhie Wibowo meluap dan menggenangi akses jalan tersebut.

Namun, sekitar pukul 16.45 WIB air sudah surut dan akses jalan sudah dapat dilalui kendaraan roda dua.
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024