Banjarnegara (ANTARA) - Kepolisian Resor Banjarnegara, Jawa Tengah, meminta warga di wilayah setempat untuk menghindari kerumunan saat perayaan malam tahun baru guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Polres Banjarnegara mengingatkan masyarakat agar menikmati malam pergantian tahun baru di rumah saja bersama keluarga tercinta, guna menghindari kerumunan dan selalu menerapkan protokol kesehatan," kata Kasatlantas AKP Erwin Chan Siregar di Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu.

Dia mengatakan bahwa hal itu sesuai Maklumat Kapolri Nomor Mak/4/XII/2020.

"Untuk itu Polres Banjarnegara mengingatkan agar masyarakat disiplin memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak mengingat pada saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19," katanya.

Dia menambahkan bahwa petugas di lapangan akan mengatur lalu lintas di berbagai titik di wilayah Banjarnegara secara intensif guna memberikan rasa aman kepada masyarakat saat melintas.

"Kami amankan lalu lintasnya agar lancar dan terkendali. Sehingga masyarakat akan dapat merasa aman dan nyaman," kata Erwin.

Baca juga: Warga Kota Magelang minta warga tidak bepergian saat libur akhir tahun

Dia mengatakan bahwa pada saat ini tengah dilaksanakan operasi lilin candi 2020 bersama tim gabungan dari unsur lainnya.

Dia mengatakan operasi lilin candi 2020 dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.
Menurut dia, penyelenggaraan operasi lilin candi kali ini cukup berbeda bila dibandingkan dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya.

"Pasalnya penugasan personel di lapangan tidak hanya sebatas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, tetapi juga memastikan penerapan protokol kesehatan benar-benar dipatuhi dan dilaksanakan dengan benar," kata Erwin.

Dia menambahkan bahwa selain menjaga kamtibmas, petugas di lapangan juga akan memantau pelaksanaan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah terjadinya klaster baru.

Bahkan beberapa hari yang lalu Sat Lantas Polres Banjarnegara juga telah menggelar pelayanan servis motor dan cek kesehatan gratis kepada masyarakat, kegiatan dilaksanakan dalam rangkaian operasi lilin candi 2020.

Baca juga: Polres Jepara siap bubarkan kerumunan tahun baru
Baca juga: Klaten larang panggung hiburan malam Tahun Baru 2021
Baca juga: Pemkab dan TNI/Polri siap bubarkan kerumunan malam Tahun Baru 2021

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024