Purbalingga (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga, Jawa Tengah, telah mendistribusikan logistik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga 2020 ke panitia pemilihan kecamatan (PPK).

"Distribusi logistik untuk pilkada telah dilakukan pada hari ini," kata anggota KPU Purbalingga Divisi Parmas, SDM dan Kampanye Andri Supriyanto di Purbalingga, Sabtu.

Dia mengatakan logistik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga yang didistribusikan itu berupa surat suara, alat coblos, alas coblos, form C, tinta dan form C plano, yang tersegel di kotak suara.

"Target distribusi seluruhnya akan selesai pada 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Purbalingga," katanya.

Dia mengatakan proses pengiriman berjalan lancar tanpa terkendala masalah cuaca karena kondisi cuaca cukup mendukung pada saat disitribusi logistik.

Dia mengatakan pihak TNI/Polri dan Bawaslu juga turut mengawal petugas KPU yang mendistribusikan logistik ke seluruh wilayah Purbalingga.

"Kami juga sudah instruksikan kepada seluruh jajaran panitia pemilihan kecamatan dan panitia pemungutan suara untuk mengamankan seluruh logistik, mengingat pada saat ini cuaca ekstrem kerap terjadi di Purbalingga," katanya.

Dia menambahkan potensi bencana alam, seperti longsor dan banjir juga meningkat seiring tingginya intensitas hujan beberapa hari terakhir sehingga upaya antisipasi harus dilakukan.

Terlebih lagi, kata dia, pada Kamis (3/12) sejumlah wilayah di Kecamatan Kemangkon juga tergenang air karena luapan Sungai Klawing.

Sementara itu, dia juga kembali mengatakan bahwa pihaknya menargetkan tingkat partisipasi pilkada serentak tahun ini dapat mencapai 77,5 persen lebih.

"Kami terus berharap dan berupaya agar dapat mencapai target sesuai dengan yang diharapkan," katanya.

Dia menambahkan untuk mencapai target tersebut maka pihaknya terus mengajak seluruh masyarakat di wilayah itu untuk ikut berperan aktif menyukseskan pelaksanaan Pilkada Purbalingga, termasuk juga para pemilih pemula dan para warga penyandang disabilitas.

Sementara itu, ada dua pasangan calon dalam Pilkada Serentak 2020 di Purbalingga, yakni pasangan Dyah Hayuning Pratiwi dan Sudono yang diusung PDIP, Golkar, PAN dan PKS.

Selain itu pasangan Mohamad Sulhan Fauzi dan Zaini Makarim Supriatno yang di usung oleh PKB, Gerindra, Nasdem dan juga Demokrat.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024