Temanggung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, telah menyiapkan ratusan tenaga medis untuk melakukan vaksinasi COVID-19 yang vaksinnya akan didistribusikan pemerintah.

"Dari sisi SDM-nya kita sudah siapkan baik dokter, perawat, maupun bidan yang akan melakukan vaksinasi, tetapi akan dimulai kapan kita masih menunggu komando," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Suparjo di Temanggung, Kamis.

Ia mengatakan meskipun belum tahu kapan vaksinasi tersebut dilakukan, pihaknya telah menyiapkan SDM-nya dengan pelatihan yang dilakukan secara daring.  "Pada prinsipnya vaksinasi itu sama, hanya menyampaikan dosisnya dan disuntikkan di bagian mana," katanya

Ia menyampaikan pelatihan tersebut sifatnya penyegaran, karena petugas selama ini telah terlibat dalam berbagai gerakan vaksinasi.

Sebelumnya Bupati Temanggung, M. Al Khadziq meminta kepada masyarakat daerah itu untuk siap divaksin agar warga mempunyai kekebalan dari paparan virus itu.

"Sampai hari ini memang Dinas Kesehatan juga belum ada instruksi dari pusat untuk kita bersiap-siap melakukan vaksinasi, tetapi saya pastikan Pemkab Temanggung dan Dinkes Kabupaten Temanggung senantiasa siap untuk menjalankan vaksinasi," katanya. 

Baca juga: Warga Temanggung diminta siap divaksinasi COVID-19

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024