Semarang (ANTARA) -
Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Tengah mengumumkan nama 44.077 pengawas tempat pemungutan suara (TPS) terpilih di 21 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada 2020.

"Hari ini panwaslu kecamatan telah mengumumkan nama-nama pengawas TPS terpilih yang bisa dilihat di website bawaslu kabupaten/kota atau kantor panwaslu kecamatan," kata Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Bawaslu Jateng Sri Sumanta di Semarang, Jumat.

Ia menyebut animo masyarakat pada pendaftaran pengawas TPS Pilkada 2020 di Jawa Tengah cukup tinggi karena selama masa pendaftaran tercatat sebanyak 82.707 orang yang mendaftarkan diri.

Dari sisi jenis kelamin, pendaftar pengawas TPS laki-laki sebanyak 56 persen dan perempuan sebanyak 44 persen.

Baca juga: Bawaslu Jateng catat 16 pelanggaran protokol kesehatan saat kampanye

Dari pendaftar tersebut, panwaslu masing-masing kecamatan telah melakukan serangkaian seleksi pendaftar pengawas TPS akhirnya dipilih sebanyak 44.077 orang sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Jateng. "Setiap TPS akan diawasi satu orang pengawas TPS," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pelantikan pengawas TPS terpilih akan dilakukan secara bertahap pada 14-16 November 2020 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah dan pengendalian COVID-19.

"Pelantikan pengawas TPS dapat dilakukan menggunakan media daring atau tatap muka secara langsung dengan protokol kesehatan," katanya.

Ke-21 kabupaten/kota yang menggelar pilkada adalah Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Semarang, Kota Magelang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Rembang, dan Kota Surakarta.

Kemudian, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Blora, Kabupaten Kendal, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Sragen, Kabupaten Klaten, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Grobogan, dan Kabupaten Demak.

Baca juga: Hindari klaster pilkada, Bawaslu Purbalingga: Patuhi protokol kesehatan saat kampanye

 

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024