Semarang (ANTARA) - Gelaran UKM Virtual Expo yang dilaksanakan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Tengah selama tiga hari, 25-27 Oktober 2020, berhasil mencatatkan transaksi Rp3,1 miliar dengan rincian ritel Rp1,9 miliar dan order Rp1,2 miliar.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Tengah Emma Rachmawati pada closing ceremony UKM Virtual Expo di Semarang, Selasa,mengaku tercengang dengan nilai transaksi tersebut.

"Yang menggembirakan dan bagi saya ini surprise karena kami tidak menyangka transaksinya mencapai Rp3,1 miliar," kata Emma.

Selain nilai transaksi yang luar biasa, Emma juga mengapresiasi para UKM dengan jumlah kunjungan terbanyak yakni UKM Abel Etnik Surakarta dengan 206 kunjungan, sedangkan total kunjungan sejak toko dibuka tanggal 20 Oktober (secara resmi UKM Virtual Expo dimulai 25-27 Oktober 2020) sebanyak 7.297 orang.

"UKM Virtual Expo ini ternyata dampaknya besar dan di luar perkiraan kami karena dari 7.297 kunjungan tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga dari Qatar, India, Malaysia, Australia, dan Singapura," katanya.

Transaksi dengan nilai terbanyak, lanjut Emma, berasal dari UKM Naruna Keramik Salatiga yang mendapatkan order dari Qatar sebesar Rp1,2 miliar.

Melihat hasil yang memuaskan tersebut, Emma menegaskan UKM di Jateng harus mulai beranjak ke digital atau virtual.

"Mau tidak mau, UKM harus dipaksa beranjak ke digital atau online, karena kalau tidak akan tertinggal," tegas Emma.

Dalam kesempatan tersebut Emma menegaskan keramik dan produk UKM Jawa Tengah lainnya memiliki potensi yang bisa dikembangkan, karena diminati pasar luar negeri.

"Saya tidak menutup, karena ini UKM Virtual Expo sesi pertama dan akan ketemu pada November 2020 dengan tema fesyen. Oleh karena itu bagi teman-teman UKM yang punya produk seperti kerudung, pakaian, tas, sepatu, dan yang berkaitan dengan fesyen bisa bersiap-siap dan bertemu di bulan November," tutup Emma.

UKM Virtual Expo kali ini diikuti 102 pengusaha mikro kecil yang turut serta dengan total produk yang dipasarkan mencapai 910 jenis berupa fesyen, makanan-minuman, kerajinan tangan, serta furnitur.

Di akhir acara dilakukan pengundian hadiah bagi yang beruntung untuk mendapatkan hadiah menarik yakni sepeda motor, sepeda, tv, dan kipas angin.


Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024