Brebes (ANTARA) - Kepolisian Daerah Jawa Tengah bekerja sama dengan Satuan Tugas COVID-19 melakukan pengecekan suhu dan tes cepat bagi pemudik di 17 tempat istirahat yang tersebar di jalur tol sebagai upaya mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Arus mudik sekarang berbeda dengan yang dulu karena saat ini masih ada pemberlakuan operasi yustisi dalam rangka memangkas terkait dengan COVID-19 khususnya di Jajaran Polda Jawa Tengah," kata Kapolda Jateng Irjen Polisi Ahmad Luthfi pada kegiatan pengecekan arus mudik di Tol Brexit Brebes, Selasa.

Untuk menahan laju penyebaran COVID-19 pada libur dan cuti bersama, Polda Jateng bekerja sama dengan gugus tugas melakukan pembatasan di area istirahat dari fluktuasi kendaraan.

Baca juga: Kapolda imbau buruh tak anarkis unjuk rasa tolak UU Cipta Kerja

"Dari 17 'rest area' yang tersebar di tol wilayah Polda Jawa Tengah sudah kita laksanakan pengecekan suhu dan tes cepat pada pemudik," katanya.

Ia menekankan kepada seluruh kepala satuan wilayah jajaran Polda Jateng agar mengamankan kondisi personel dahulu dari penyebaran COVID-19 sebelum bertugas.

"Oleh karena, seluruh anggota yang melaksanakan pengamanan arus mudik agar menggunakan alat pelindung diri dan mematuhi protokol kesehatan terlebih dahulu dalam melaksanakan tugas di lapangan," katanya.

Polda Jateng mengerahkan 1.700 personel dan menyiapkan empat pos untuk mengamankan arus mudik libur panjang mulai Brexit Brebes, Kalikangkung, Banyumas, Rembang, dan wilayah Brebes bagian paling utara.

"Ada sekitar 8.000 kendaraan yang masuk yaitu 4.000 kendaraan menuju arah selatan, 4.000 lagi geser ke arah kita (jalur pantura, red.) dan prediksinya nanti malam, karena sampai siang ini masih landai," katanya.

Ia mengharapkan melalui Operasi Candi Zebra arus mudik dari Jakarta dapat terurai sampai rumah masing-masing pemudik.

Baca juga: Kapolda sebut tindakan hukum terhadap pedemo untuk ayomi masyarakat

Pewarta : Kutnadi
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024