Magelang (ANTARA) - Perpustakaan Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah, memperoleh sertifikat standar nasional dengan predikat akreditasi A berdasarkan proses verifikasi yang dilakukan oleh tim penilai dari Perpustakaan Nasional.

"Dengan akreditasi ini maka Perpustakaan Umum Kota Magelang sudah diakui berstandar nasional dan juga memenuhi amanah di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Magelang," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang Isa Ashari di Magelang, Jumat.

Sebagaimana dikutip dalam siaran pers Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Magelang, ia menjelaskan bahwa pencapaian itu merupakan bagian dari upaya Perpustakaan Kota Magelang memperbaiki pelayanan bagi masyarakat.

"Kita siapkan kualitas pelayanan perpustakaan, baik legalitas, status akreditasi, saran dan prasarana, koleksi buku, hingga membuka pelayanan online (daring), perpustakaan online, dan pojok buku," kata Isa.

Ia mengatakan bahwa Perpustakaan Kota Magelang sedang mempersiapkan sarana prasarana yang dibutuhkan untuk menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

Selama pandemi, perpustakaan kota yang berada di Jalan Kartini Kota Magelang ditutup guna menekan risiko penularan virus corona.

Kendati demikian, masyarakat masih bisa memanfaatkan layanan daring yang disediakan oleh Perpustakaan Kota Magelang. Perpustakaan Kota Magelang menyediakan ribuan koleksi buku elektronik dalam layanan perpustakaan digital, Magelang.
 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024