Magelang (ANTARA) - Paguyuban Alastua Magelang membagikan ratusan masker kepada masyarakat di depan Pasar Pucang, Secang, Kabupaten Magelang, Senin, sebagai bentuk berpartisipasi dalam pencegahan COVID-19.

Paguyuban Alastua beranggotakan lulusan Pendidikan Sekolah Calon Tamtama TNI AD Tahun 1991 Gelombang II. Pada 14 September 2020 ini Alastua genap berusia 29 tahun dalam pengabdiannya kepada NKRI.

Pada acara berjuluk "29 Tahun Pengabdian Alastua" tersebut, anggota paguyuban berjajar di pinggir jalan alternatif Magelang-Semarang tersebut membagikan sekitar 500 masker.

Para pengguna jalan yang tidak mengenakan masker langsung dihentikan dan diberikan imbauan untuk selalu menggunakan masker apabila bepergian. Pada saat itu pula, para pengguna jalan yang tidak menggunakan masker diberi masker secara gratis dan harus langsung dipakai.

Koordinator Baksos 29 Tahun Pengabdian Alastua Magelang Sersan Mayor Sakimun mengatakan Alastua tergerak hatinya untuk turut serta mendisiplinkan warga dengan cara memberikan masker kepada masyarakat yang tidak memakai masker saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Baca juga: Petugas gabungan Wonosobo gencar operasi pemakaian masker

Ia menyampaikan hal ini dilakukan untuk melindungi diri sendiri, keluarga, dan orang-orang sekitar agar selalu mematuhi protokol kesehatan dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kepada masyarakat mari kita sadar dan peduli untuk memakai masker semoga pandemi COVID-19 cepat berakhir," kata Sakimun.

Menurut dia saat ini masyarakat sudah banyak yang lengah dan kurang disiplin.

"Yang paling parah adalah mungkin keadaan pandemi seperti saat ini dianggap biasa saja, terbukti masih banyak warga yang beraktivitas mengabaikan protokol kesehatan," katanya.

Padahal, anjuran untuk selalu melakukan 3 M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak) terus digencarkan.

"Alastua Magelang peduli dan membantu memutus mata rantai COVID-19, salah satunya dengan membagikan ratusan masker gratis" katanya.

Pengguna jalan yang turut menerima masker gratis warga Kayupuring Grabag, Kamsuri (42) menuturkan sebenarnya pihaknya sudah paham dengan kondisi saat ini, namun karena terburu-buru sehingga lupa memakai masker.

"Kami tahu kondisi saat ini, namun karena buru-buru, jadi kami lupa memakai masker" katanya.

Ketua Paguyuban Alastua Magelang Kapten Inf Sumitra menuturkan Alastua turut peduli dan senantiasa mendukung program-program pemerintah untuk mencegah dan memutus mata rantai virus corona.

Ia berharap agar COVID-19 segera lenyap sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas secara normal. 

Baca juga: Polres dan Pemkab Batang bagikan 60.000 masker antisipasi COVID-19

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024