Banjarnegara (ANTARA) - Kapolres Banjarnegara, Jawa Tengah AKBP Fahmi Arifrianto mengajak seluruh warga di wilayah setempat untuk disiplin memakai masker guna mencegah COVID-19.

"Ayo disiplin pakai masker dan bersama-sama mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah ini," katanya di Banjarnegara, Sabtu.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk membiasakan diri melakukan gerakan 3M dalam kehidupan sehari-hari.

"Gerakan 3M yang dimaksud adalah memakai masker, mencuci tangan, dan juga menjaga jarak," katanya.

Pihaknya siap menegakkan disiplin atas Peraturan Bupati Banjarnegara Nomor 44 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19.

"Dengan demikian kami mengajak peran aktif masyarakat untuk bersama-sama menerapkan protokol kesehatan termasuk di antaranya disiplin menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah," katanya.

Sebelumya, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan penerapan protokol kesehatan dapat efektif mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah setempat.

"Penerapan protokol kesehatan sangat efektif untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah ini," katanya.

Pihaknya telah menggelar deklarasi terkait dengan kesiapan program pendisiplinan penerapan protokol kesehatan di wilayah setempat.

Deklarasi itu, kata dia, dilakukan oleh jajaran Forkompimda Kabupaten Banjarnegara serta sejumlah unsur terkait lainnya.

"Bagi masyarakat di wilayah ini yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan maka akan dilakukan penegakan hukum, tujuannya tentu saja untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Banjarnegara," katanya.

Ia juga menambahkan pada masa adaptasi kebiasaan baru, masyarakat Banjarnegara harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak fisik, dan juga tidak berkerumun.

"Kehidupan kita tengah berubah karena pandemi COVID-19, untuk mengatasi risiko pandemi tersebut maka seluruh masyarakat diharuskan untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru, tujuannya agar bisa bertahan dalam situasi sekarang ini," katanya.
 


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024